SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi DPRD Kabupaten Bantul (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, BANTUL- Badan Kehormatan Dewan (BKD) DPRD Bantul akhirnya menepati janjinya memanggil Ketua Komisi D lembaga itu Sarinto yang dilaporkan telah melakukan pelecehan profesi dan kekerasan verbal terhadap wartawan Harian Jogja Bhekti Suryani.

Laporan itu sebelumnya disampaikan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jogja yang mendampingi Bhekti Suryani ke BKD pekan lalu. Rabu (26/3/2014) siang, Sarinto dipanggil BKD untuk dimintai klarifikasi.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Ketua BKD Bantul Ichwan Thamrin menyatakan, Sarinto dimintai keterangan untuk membuktikan kronologi kejadian pelecehan yang terungkap dalam laporan tersebut.

“Pak Sarinto sudah dimintai keterangan tadi,” terang Ichwan Rabu (26/3/2014).

Selain memanggil Sarinto, BKD juga mengklarifikasi kasus pelecehan profesi wartawan itu ke Bhekti Suryani. Bhekti hadir didampingi Manajemen Harian Jogja, tempatnya bekerja, serta dari AJI Jogja.

“Kami juga memanggil saksi-saksi yang melihat kejadian itu,” ungkapnya.

Dalam pertemuan yang berlangsung tak sampai 1 jam itu Bhekti mengatakan, BKD berjanji akan mempertemukan Sarinto dan dirinya. “Besok [Kamis, 27 Maret] akan dipertemukan dengan Pak Sarinto,” terang Bhekti.

Dari keterangan yang disampaikan BKD, lanjut Bhekti, Sarinto sudah bersedia untuk meminta maaf. Sedangkan BKD sendiri akan merapatkan secara internal untuk menjatuhkan teguran ke Sarinto atas perbuatannya.

Bhekti menambahkan, kasus pelecehan profesi dan kekerasan verbal yang bermula dari pemberitaan yang dibuatnya itu harus menjadi pelajaran bagi DPRD Bantul.

“Jangan lagi menyerang wartawan kalau tidak terima atas pemberitaan. Wartawan bekerja dilindungi UU, protes terkait pemberitaan jalurnya ke redaksi atau Dewan Pers,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya