SOLOPOS.COM - Suasana Pernikahan Kaesang-Erina, di Pendopo Agung Royal Ambarukmo, Sabtu (10/12/2022). - Anisatul Umah/Harian Jogja.

Solopos.com, SLEMANKeluarga Presiden Joko Widodo sukses merampungkan rangkaian akad nikah hingga upacara adat panggih pernikahan putra bungsu Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Pendapa Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

Berikut rangkaian lengkap akad hingga panggih pengantin adat Yogyakarta.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

1.Kereta Kuda

Serangkaian akad dan upacara adat pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Yogyakarta diawali dan ditutup dengan iringan kereta kuda di Pendapa Ageng, Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

Awalnya Kaesang menuju Pendapa Ageng dengan kereta kuda, begitu juga dengan Erina saat Sabtu siang. Selanjutnya, setelah selesai acara, keduanya kembali menaiki kereta kuda menuju penginapan.

Baca juga: 5 Kereta Kuda Asal Klaten Ikut Iring-iringan Tamu Kaesang-Erina di Solo

2. Dinikahkan Allen Gudono

Keduanya kemudian melangsungkan ijab kabul dipimpin oleh petugas KUA Depok, Sleman, Yogyakarta.  Erina dan Kesang dinikahkan langsung oleh wali nikah yang juga kakak sulung Erina, Allen Gudono. Allen menggantikan mendiang ayahnya, Mohammad Gudono.

3. Mahar

Kaesang memberikan mahar Erina dengan seperangkat alat salat, uang sebesar Rp300.000, dan logam mulia seberat 64 gram. Logam itu ditata secara berurutan dalam bingkai kaca, melambangkan tanggal pernikahan mereka yakni pada Sabtu (10/12/2022).

Logam pertama, emas batangan 10 gram. Disampingnya emas batangan 12 gram, kemudian emas batangan 20 gram, dan emas batangan 22 gram.

Baca juga: Ini Makna Simbolis Paes Ageng Yogyakarta dalam Riasan Erina Gudono

4. Saksi Para Menteri

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Muhadjir Effendy, menjadi juru bicara didampingi kakak sulung Kaesang Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution.

Sebelumnya pasrah calon pengantin putra diwakilkan Menteri Muhadjir Effendy. Penerima pasrah yakni Muhammad Masyhudi, didampingi keluarga Erina,  Hendri Prasojo, dan Bagus.

Menteri PUPR Mochamad Basuki Hadimuljono menjadi saksi nikah dari Kaesang dan Mensesneg Pratikno menjadi saksi pernikahan.

5. Upacara Adat

Setelah itu, rangkaian acara pernikahan dilanjutkan dengan upacara adat Jogja atau panggih di lokasi yang sama. Ketika akad nikah, mereka mengenakan busana dengan warna putih.

Baca juga: Geladi Bersih, Kereta Kuda Pengantin Kaesang-Erina Susuri Jl Slamet Riyadi Solo

Selanjutnya, saat resepsi, Kaesang dan Erina ganti kostum warna coklat keemasan. Keduanya anggun dengan busana pernikahan khas Jogja. Serangkaian pernikahan juga dirayakan dengan adat istiadat Yogyakarta.

Panggih adat Jogja itu dimulai dengan balangan gantal, upacara membasuh kaki suami, mecah telur atau memecah tigan, hingga sungkeman. Setiap rangkaian upacara adat tersebut diiringi dengan gamelan Jawa gagrak Yogyakarta.

6. Momen Haru

Momen Haru pernikahan Erina dan Kaesang beberapa kali terjadi. Pertama yakni saat sang kakak. Allen Gudono menangis di prosesi akad nikah.

Momen menyedihkan itu kembali tertangkap saat prosesi Sungkeman. Kaesang dan Erina mengawali sungkem kepada Sofiatun Gudono dan kakak Erina, Allen Gudono.

Baca juga: Kenakan Batik, Ini Foto Keluarga Raffi Ahmad saat Akad Nikah Kaesang-Erina

Selama beberapa waktu ibunda membisik kepada Kaesang. Tampak Ibunda Erina, Sofiatun Gudono tak sanggup membendung air mata saat Kaesang sungkem kepadanya.

Sementara, ketika Kaesang dan Erina sungkem kepada Jokowi dan Iriana, presiden dan ibu negara tampak menepuk-nepuk pundak Erina dan Kaesang. Usai sungkeman, acara dilanjut foto bersama dengan keluarga dan pejabat negara.

Selesai sungkem dan foto bersama, acara kemudian kembali diakhiri dengan menaiki kereta kuda yang sudah disiapkan di depan pendapa.

7. Menteri Hadir dan Raja

Sejumlah pejabat negara terpantau hadir dalam acara penting Keluarga Istana tersebut. Mereka di antaranya Kapolri, Listyo Sigit Prabowo; Ketua MK, Anwar Usman dan istri, Idayati; Wakil Presiden RI, Makruf Amien dan istri; Ketua MPR Bambang Soesatyo dan istri; Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan istri;  Menteri Sekretaris Negara, Pratikno dan istri; Menteri BUMN, Erick Tohir beserta anak dan istri; Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan.

Baca juga: Jelang Ngunduh Mantu Nikahan Kaesang, Bunga Favorit Iriana Hiasi Loji Gandrung



Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X juga hadir didampingi GKR Hemas. Begitu juga KGPAA Paku Alam X bersama pasangan.

Adipati Pura Mangkunegaran, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunagoro X, juga turut hadir didampingi ibunda yakni GKP Prisca Marina Yogi Supardi, serta sang kakak GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo.

8. Wakil Presiden

Sementara, Wakil Presiden Makruf Amin menjadi pengisi khotbah pernikahan sekaligus pembaca doa dalam akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pendapa Ageng, Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

9. Artis

Baca juga: Berikut Daftar Pejabat Negara yang Turut Hadir di Akad Nikah Kaesang-Erina

Sejumlah selebritas maupun pejabat turut hadir dalam akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, di Pendapa Ageng Royal Ambarrukmo Plaza, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

Pada 12.11 WIB, terpantau artis Raffi Ahmad memasuki Pendapa Ageng. Ia mengajak Istrinya Nagita Slavina, serta kedua anaknya yakni Rafathar malik Ahmad dan Rayyanza Malik Ahmad atau biasa dipanggil Cipung. Hadir pula Irfan Hakim dan Desta atau Deddy Mahendra Desta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya