SOLOPOS.COM - Suasana upacara adat Bekti Pertiwi Pisungsung Jaladri yang diselenggarakan warga di Padukuhan Mancingan, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul pada Selasa (23/5/2023). - Harian Jogja/Yosef Leon Pinsker

Solopos.com, BANTUL — Warga pesisir di Padukuhan Mancingan, Kalurahan Parangtritis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar upacara adat Bekti Pertiwi Pisungsung Jaladri, Selasa (23/5/2023).

Sebelum digelar puncak acara adat, masyarakat setempat terlebih dahulu melakukan ritual bersih dusun. Delapan RT di Mancingan bergotong royong membersihkan makam dan lingkungan masing-masing. Selanjutnya diadakan kenduri sehari sebelum acara puncak.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Upacara adat yang digelar setiap tahun selepas panen raya itu dipusatkan di Joglopariwisata Parangtritis. Kegiatan diawali dengan kirab budaya dan kemudian dilanjutkan dengan tradisi upacara adat Bekti Pertiwi Pisungsung Jaladri. Kegiatan kemudian diakhiri doa bersam dan labuhan di Pantai Parangkusumo.

Dukuh Mancingan, Handri Sarwoko, menjelaskan tradisi itu sudah dilakukan sejak lama oleh nenek moyang mereka. Warga setempat berusaha untuk melestarikan upacara adat itu sebagai bagian dari mempertahankan kekayaan leluhur.

“Dilaksanakan setiap tahun antara Mei sampai Juli pada Selasa Wage,” katanya.

Dulunya upacara adat itu dinamai dengan Majemukan. Setelah 1990-an namanya diubah menjadi upacara adat Bekti Pertiwi Pisungsung Jaladri. Tradisi ini juga diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pantai Parangtritis sehingga berdampak pada ekonomi warga sekitar.

“Dengan atraksi budaya kami yakin banyak pengunjung yang tertarik ke Pantai Parangtritis,” katanya.

Adapun di akhir acara warga melarung jarik, pakaian, dan buah-buahan ke Pantai Parangkusumo sebagai bakti pada ibu pertiwi atau ungkapan syukur atas berkah dari alam semesta. Arak-arakan dimulai dari Pendopo Pantai Parangtritis dengan menggunakan pakaian adat lengkap arak-arakan warga mulai berjalan menyusuri tepian pantai.

“Di malam hari nanti akan ditutup dengan gelaran wayang kulit semalam suntuk,” pungkas dia.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Warga Pesisir Bantul Gelar Upacara Adat Bekti Pertiwi Pasca Panen Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya