SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemacetan arus lalu lintas (JIBI/Bisnis/Dok.)

Libur akhir tahun, kemacetan di Jogja tidak merata, tetapi hanya di titik tertentu

Harianjogja.com, JOGJA- Pada libur akhir tahun ini, kemacetan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak merata di semua wilayah, tetpai hanya di titik-titik tertentu.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika DIY (Dishubkominfo) DIY Sigit Haryanta mengungkapkan area kemacetan akan terjadi di jalur menuju lokasi wisata sehingga rekayasa jalur harus dilakukan untuk menjamin kelancaran lalu lintas.

Di dalam kota, kemacetan juga terjadi namun tak merata. Harry mengatakan berdasarkan pantauan kepadatan terjadi di sekitar Malioboro dan Pathuk. Di dua titik ini lonjakan jumlah pengunjung menjadi penyebab utamanya.

“Ada laporan yang macet sampai dua jam padahal hanya mau ke Pathuk membeli oleh-oleh,” kata dia, Senin (28/12/2015).

Sementara, untuk akhir tahun, volume kendaraan yang menuju lokasi wisata diprediksi sudah tak lagi sebanyak masa libur Natal kemarin. Penumpukan kali ini diperkirakan akan terjadi di dalam Kota jogja, terutama di pusat-pusat keramaian seperti area Tugu dan Malioboro.

Harry pun mengatakan bersamaan momen tahun baru nanti area parkir lantai dua Abu Bakar Ali akan mulai diujicobakan untuk roda dua. Dengan begitu area trotoar Malioboro dapat digunakan sepenuhnya untuk warga yang ingin menghabiskan malam terakhir 2015 di jalan ikonik itu.

“Harapannya Malioboro tidak ada lagi motor yang parkir, tapi pas tahun baru itu baru ujicoba saja,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya