SOLOPOS.COM - Gardu pandang di sebuah Pohon Cemara menjadi spot favorit para pengunjung untuk berfoto dengan berlatar pemandangan Waduk Sermo dari atas Desa Wisata Kalibiru, Minggu (21/9/2014). (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N.S)

Libur akhir tahun ini, wisata alam Desa Kalibiru di Kulonprogo turut diramaikan wisatawan

Harianjogja.com, KULONPROGO–Wisata alam Desa Kalibiru, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo kini menjadi primadona baru bagi wisatawan. Setidaknya selama dua hari libur Natal, sudah lebih dari 2.000 pengunjung yang datang.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Kepopuleran desa wisata ini pun turut mendongkrak objek wisata lain yang ada di sekitarnya, yakni Waduk Sermo.

Dari pantauan, Jumat (26/12/2014) di pintu masuk retribusi wisata Waduk Sermo sebagian besar pengunjung yang datang menanyakan lokasi Desa Wisata Kalibiru. Mayoritas pengunjung masih didominasi dari luar daerah, selain dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan kota-kota sekitarnya.

Menurut Pengelola Desa Wisata Kalibiru Sumarjana, daya tarik wisata alam dari desa ini, bahkan telah membuat banyak orang memanfaatkan liburan kali ini untuk mengunjungi desa ini.

“Kalau dilihat dari karcis retribusi yang terjual, pendapatan kami mencapai Rp6 juta. Apabila dibagi Rp3.000 [retribusi per orang], maka paling tidak sudah 2.000 orang yang masuk pada 25 Desember,” ungkap Jono.

Jono mengatakan, pada akhir pekan rata-rata kunjungan mencapai 500 orang sampai 1.000 orang. Sedangkan, pada hari minggu atau tanggal merah jumlah kunjungan bahkan dapat mencapai lebih dari 1.000 orang per hari.

Pemandangan hijau kawasan hutan lindung dan Waduk Sermo dari atas bukit menjadi daya tarik yang paling diburu wisatawan yang datang ke kabupaten ini.

“Kami sangat tertolong dengan hadirnya para pengunjung ke sini. Sebagian besar adalah anak-anak muda dan pengguna sosial media. Foto-foto yang mereka abadikan dengan mengambil latar pemandangan ini, kemudian menyebar, sehingga menarik banyak orang untuk datang kemari,” ungkap Jono.

Desa Wisata Kalibiru kian dikenal luas dan menarik banyak orang datang ke kawasan hutan lindung Sermo. Dampak meningkatnya kunjungan ke wisata itu juga turut dirasakan pengelola retribusi Waduk Sermo.

Menurut Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi Wisata Waduk Sermo Pujo DW, Kalibiru telah mendongkrak kunjungan ke kawasan wisata air ini.

“Ada peningkatan kunjungan hingga 300 persen kalau dibandingkan dari tahun lalu. Hal itu karena Kalibiru semakin dikenal, hampir semua yang datang menanyakan lokasinya. Apalagi untuk menuju ke sana wisatawan harus memasuki Waduk Sermo, walaupun ada jalan lain juga,” papar Pujo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya