SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, SLEMAN—Angka kunjungan per hari yang tinggi pada masa libur Lebaran kemarin tidak membuat usaha penginapan seperti losmen dan vila di kawasan wisata Kaliurang untung besar. Persaingan dengan hotel dinilai menjadi salah satu penyebab turunnya omzet penginapan kecil.

“Biasanya seminggu sebelum liburan sudah ada yang cari dan pesan, tapi kemarin tidak ada,” kata Yuni, salah satu pemilik penginapan di Kaliurang, Senin (4/8/2014).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dia mengatakan tahun sebelumnya tamu-tamu yang datang menginap sudah mulai sejak H+1 Lebaran. Setidaknya, setiap hari ada dua hingga tiga kamar yang terisi.

Penginapan milik Yuni letaknya memang tidak tepat dipinggir jalan tapi sedikit masuk gang. “Yang persis di pinggir jalan mungkin lebih laku, tapi kayaknya tetap tidak seperti dulu,” ujarnya. Dia mengaku hanya mampu menyewakan empat kamar selama libur Lebaran kemarin.

Untuk setiap kamar per harinya, Yuni hanya memasang tarif Rp50.000. “Itu yang pakai TV, tapi ya fasilitasnya jelas kalah jauh kalau dibanding hotel,” ucap Yuni yang baru memulai usaha penginapan tiga tahun lalu itu.

Keluhan serupa juga disampaikan Nur Sahid, pemilik usaha penginapan lain di Kaliurang. Menurutnya, sebelum banyak hotel berdiri, usaha penginapan dan vila sangat menjanjikan. “Sekarang di sini banyak hotel yang fasilitasnya lengkap. Kalau seperti kami kan fasilitas makan saja tidak ada, paling cuma snack,” paparnya.

“Tahun kemarin, jauh hari sebelumnya sudah ada yang booking,” kata Sahid menambahkan. Meski demikian, dia tetap bersyukur karena tamunya bertambah dibanding libur akhir pekan biasa. Jika biasanya dia mendapat dua hingga tiga tamu per bulan, khusus libur Lebaran kemarin didatangi empat tamu. Berbeda dengan Yuni, Sahid tidak menyewakan penginapan per kamar. “Satu rumah, sistemnya seperti home stay. Jadi tamunya satu keluarga,” ujar Sahid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya