SOLOPOS.COM - Sejumlah warga mengajukan permohonan terkait kependudukan dan cacatan sipil di Kantor Disdukcapil Sleman, Senin (19/6/2017). (Abdul Hamid Razak/JIBI/Harian Jogja)

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sleman tetap membuka permohonan layanan kependudukan dan cacatan sipil

Harianjogja.com, SLEMAN-  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sleman tetap membuka permohonan layanan kependudukan dan cacatan sipil hingga Jumat (30/6/2017) lusa. Masyatakat atau pemudik diharapkan memanfaatkan selama libur lebaran ini.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Kepala Disdukcapil Sleman Jazim Sumirat mengatakan, masyarakat yang mengajukan permohonan akan dilayani oleh petugas piket yang sudah ditunjuk. Masing-masing petugas diambil dari masing-masing bidang sehingga bisa melayani semua permohonan.

“Warga bisa datang untuk mengurus segala urusan, baik kepengurusan akta, mutasi maupun legalisir ataupun perekaman e-KTP,” katanya kepada Harianjogja.com, Selasa (27/8/2017).

Dia menjelaskan, layanan kepengurusan dukcapil selama cuti lebaran sejatinya dibuka sejak Jumat (23/6/2017) lalu. Layanan tersebut kemudian dilanjutkan pada Selasa (27/6/2017) ini hingga Jumat (30/6/2017) mendatang.

Para pemohon akan dilayani pada jam kerja. “Dalam sehari yang piket sekitar lima orang, dari masing-masing desk. Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan maksimal bagi warga,” katanya.

Meski begitu, dia berharap agar masyarakat memahami tidak semua petugas piket memiliki keahlian semua layanan. Jika ada warga yang datang untuk perekaman data E-KTP, namun petugas perekam sedang tidak piket maka petugas jaga tetap akan melayaninya.

“Cuma berkasnya diterima tetapi bisa datang kembali saat petugas yang bisa merekam data E-KTP masuk,” terangnya.

Menurut Jazim, pengajuan layanan selama libur lebaran ini didominasi pengajuan legalisir dokumen dukcapil. Selain itu, pengajuan akta kelahiran juga banyak diajukan oleh warga terkait syarat penerimaan peserta didik baru (PBDB) tahun ini.

Ada juga warga yang mengajukan mutasi baik yang masuk maupun ke luar Sleman. “Beberapa ada yang mengajukan perekaman data E-KTP dan pencetakannya,” ungkap Jazim.

Meski begitu, pihaknya belum dapat memperkirakan jumlah warga yang akan mengakses layanan di instansinya selama libur lebaran tahun ini. Dia berharap agar warga Sleman dan pemudik bisa memanfaatkan layanan tersebut selama libur lebaran.

“Kami sudah berkoordinasi dengan kecamatan, sudah kami infokan jika Dukcapil membuka layanan selama libur lebaran,” katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya