SOLOPOS.COM - pemandangan Puncak Segoro Gunungkidul. (IG @puncaksegoro)

Solopos.com, GUNUNGKIDULPendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata di Gunungkidul, DIY mencapai Rp1,68 miliar selama libur Lebaran 2023. Perolehan tersebut jauh melebihi target yang telah ditetapkan sebelumnya, yakni Rp1,35 miliar.

Pendapatan senilai Rp1,68 miliar terkumpul selama libur Lebaran 2023, Sabtu-Minggu (22-30/4/2023). Jumlah pengunjung atau wisatawan yang datang ke Gunungkidul selama momen libur Lebaran mencapai 217.490 orang (target awal sebanyak 200.000 wisatawan).

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Tingginya kunjungan wisatawan ke Gunungkidul juga tidak terlepas dari kebijakan pemerintah pusat yang mengizinkan ASN, TNI/Polri, dan karyawan BUMN memperpanjang masa cuti. Kebijakan tersebut dinilai memberikan dampak positif terhadap sektor pariwisata.

Mayoritas wisatawan yang masuk ke Gunungkidul berkunjung ke pantai. Pantai di Gunungkidul panjangnya lebih dari 70 kilometer yang membentang dari timur sampai barat. Wisatawan bebas memilih piknik di pantai sesuai yang diinginkan.

Kunjungan tertinggi di Gunungkidul terjadi pada Selasa (25/4/2023). Jumlah wisatawan saat itu mencapai 39.359 orang. Jumlah itu melampaui sehari sebelumnya, yakni Senin (24/4/2023) yang mencapai 39.224 orang.

“Capaian ini merupakan hasil dukungan dari banyak pihak, yakni dukungan lintas sektor hingga pelaku wisata hingga targetnya bisa tercapai,” kata Pelaksana Tugas (PLt) Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono, seperti dikutip dari Antara, Selasa (2/5/2023).

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Marjono, menyiagakan sebanyak 63 personel saat libur Lebaran. Mereka ditempatkan di semua pantai dalam naungan SAR Satlinmas Wilayah II.

“Seluruh peralatan juga kami siapkan selama libur Lebaran ini,” kata Marjono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya