SOLOPOS.COM - Tebing Breksi Jogja. (Pictagram)

Solopos.com, SLEMAN — Objek wisata unggulan di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang diprediksi mengalami kepadatan pengunjung saat masa libur Natal dan Tahun Baru yaitu di Tebing Breksi dan kawasan Kaliurang. Jalanan di dua objek wisata unggulan itu diprediksi mengalami kemacetan saat Nataru.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman, Arip Pramana, mengatakan saat terjadi kemacetan di dua objek wisata itu, pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas secara situasional.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

“Kalau dari aspek kemacetan ya yang namanya objek wisata unggulan Sleman, Breksi dan Kaliurang,” kata dia, Rabu (21/12/2022).

Arip menuturkan saat kondisi kemacetan di lokasi wisata itu crowded, pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas one way bekerjasama dengan aparat kepolisian.

Dia mengimbau agar wisatawan bisa memilih objek wisata lain selain dua tempat unggulan itu. Hal ini bertujuan supaya arus lalu lintas bisa terurai dan wisatawan tidak terjebak macet.

Baca Juga: Mendadak Kaya!Puluhan Warga di Kalasan Sleman Terima UGR Tol Jogja-Solo Rp222 M

Selain bersiap untuk rekayasa Lalin, Dishub Sleman juga akan melakukan ramp check pada bus. Baik bus dari perusahaan otobus (PO) dan bus-bus yang ada di lokasi wisata. Untuk bus yang ada di lokasi wisata ramp check akan dilakukan secara acak.

“Ini dalam rangka persiapan Nataru. Ini bagian dari mitigasi potensi risiko dari kondisi fisik kendaraan,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, mengatakan secara infrastruktur Sleman sudah siap menyambut para wisatawan saat momen libur Nataru tahun ini. Sehingga arus lalu lintas ke lokasi wisata bisa lancar.

Dishub akan menggunakan sistem Area Traffic Control System (ATCS) untuk mengatur arus lalu lintas di beberapa simpang utama di Sleman.

Baca Juga: Dugaan Korupsi Dana Perawatan Stadion, Kejari Periksa Kepala Disdikpora Bantul

“Akan dipantau terus tingkat kepadatan traffic ini. Kalau memang nanti di salah satu ruas istilahnya di bangjo [traffic light] ngantre panjang, nanti timer bangjo bisa dikontrol dikendalikan lewat kantor Dishub,” paparnya.

Beberapa simpang yang akan dikendalikan dengan ATCS, di antaranya simpang empat Syantikara, simpang empat UNY, simpang empat Ngablak, simpang empat Pasar Stan, simpang empat Tajem, Simpang tiga Pamungkas, dan simpang tiga Kolombo.

“Dishub juga akan patroli lintas angkutan, jalan, titik rawan kemacetan, dan jalur alternatif. Juga pengendalian lalu lintas menuju objek wisata dengan instansi terkait,” lanjutnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Siap-Siap! Tebing Breksi & Kaliurang Diperkirakan Macet Saat Nataru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya