SOLOPOS.COM - Wisatawan di Pantai Baron Gunungkidul (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Libur pilkada dimanfaatkan banyak warga untuk berwisata

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Hari libur Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dimanfaatkan sejumlah warga untuk berwisata. Kondisi ini bisa dilihat adanya peningkatan kunjungan di pos retribusi masuk kawasan pantai Gunungkidul.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Pengelola Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Tepus, Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Pardi mengakui, adanya lonjakan pengunjung yang masuk. Di hari biasa jumlah pengunjung masuk di kisaran 400 orang, tapi jumlah kunjungan pada Rabu (9/12/2015) meningkat menjadi 816 orang. “Ini baru di satu TPR saja, dan belum tentu terjadi di pos yang lain,” kata Pardi saat dihubungi Harian Jogja, Rabu (9/12/2015).

Dia menjelaskan, peningkatan ini hampir sama dengan jumlah kunjungan di hari Sabtu. Namun saat dibandingkan dengan libur Minggu, jumlahnya masih kalah, karena rata-rata pengunjungnya mencapai 1.200 orang.

Peningkatan kunjungan juga terjadi di TPR Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Pengelola TPR Baron Dwi Jatmiko mengakui, di hari libur kemarin ada lonjakan pengunjung. “Peningkatan itu kemungkinan besar terjadi karenanya adanya hari libur untuk pilkada,” kata Dwi.

Dia menjelaskan, di hari biasa, tingkat kunjungan sekitar 800 orang, sedangkan yang masuk mencapai 2.900 pengunjung. Hanya saja, jika dibandingkan dengan libur akhir pekan masih kalah jauh. Biasanya saat libur hari Minggu orang yang berkunjung sekitar 4.000-5.000 orang.

“Lonjakan pengunjung juga berdampak terhadap nominal retribusi yang diperoleh di hari ini [kemarin],” kata Dwi.

Sementara itu, Sekretaris Search and Rescue Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan, dari pantauan yang dilakukan kondisi di wilayah Pantai Baron aman dan terkendali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya