SOLOPOS.COM - Jalan Malioboro sebagai ikon pariwisata Kota Jogja (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, JOGJA- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro menyiagakan petugas keamanan yang dimilikinya yaitu Jogoboro untuk mendukung pengamanan wisatawan.

“Sama seperti pengamanan libur Lebaran lalu, kami juga akan menyiagakan petugas keamanan Jogoboro. Mereka rutin melakukan pengamanan, dan dimungkinkan saat libur Natal dan Tahun Baru, jumlahnya akan diperbanyak sesuai hasil koordinasi dengan Pemerintah Kota Jogja,” kata Kepala UPT Malioboro Syarif Teguh, Jumat (13/12/2013).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Untuk pengaturan kondisi lalu lintas yang dimungkinkan mengalami peningkatan volume saat libur akhir tahun, UPT Malioboro akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Jogja.

“Upaya yang bisa kami lakukan adalah tidak menggelar kegiatan berskala besar saat libur akhir tahun. Seluruh kegiatan berskala besar dialihkan keluar Malioboro agar tidak menambah kepadatan lalu lintas,” katanya.

Khusus untuk kantong parkir, Syarif mengatakan, akan memaksimalkan kantong parkir yang sudah ada seperti Abu Bakar Ali, Malioboro I dan II, Senopati dan alternatif lokasi parkir lain.

“Apakah dimungkinkan untuk membuka tempat khusus parkir Ketandan seperti saat libur Lebaran. Apalagi saat ini, Alun-Alun Utara Yogyakarta dimanfaatkan sebagai Pasar Malam Perayaan Sekaten,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Kota Jogja Wirawan Hario Yudho mengatakan, akan melakukan rekayasa lalu lintas di Malioboro saat libur akhir tahun, seperti memberlakukan jalan dua arah di sejumlah ruas jalan tertentu yang sebelumnya satu arah, di antaranya, Jalan Sosrowijayan, Jalan Dagen, Jalan Suryatmajan maupun Jalan Ketandan.

“Tujuannya memudahkan masyarakat menuju lokasi parkir. Kami juga akan berkoordinasi dengan pihak swasta yang memiliki lahan luas untuk dijadikan kantong parkir,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya