SOLOPOS.COM - Umat Hindu berjalan mengitari Candi Prambanan pada prosesi Pradaksina di Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (21/3/2023). (Antara/Hendra Nurdiyansyah)

Solopos.com, SLEMAN — Kabupaten Sleman menjadi salah satu daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten ini memiliki banyak tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

Kabupaten Sleman terletak di sebelah utara DIY. Daerah ini berbatsan dengan Kabupaten Boyolali di sebelah utara, di sisi timur berbatasan dengan Kabupaten Klaten. Sedangkan di sisi selatan berbatasan dengan Gunungkidul, Bantul, Kota Jogja. Di sebelah barat, Sleman berbatasan dengan Kulonprogo.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Melansir dari slemankab.go.id, dari topografinya Kabupaten Sleman memiliki keadaan tanah yang relatif datar di bagian selatan, kecuali daerah perbukitan di bagian tenggara Kecamatan Prambanan dan sebagian di Kecamatan Gamping.

Kemudian di bagian utara relatif miring dan di bagian utara di sekitar Lereng Merapi relatif terjal serta terdapat sekitar 100 sumber mata air. Hampir setengah dari luas wilayah Kabupaten Sleman adalah tanah pertanian yang subur dengan didukung irigasi teknis di bagian barat dan selatan.

Kabupaten Sleman memiliki luas wilayah 574,82 km persegi dan terbagi menjadi 17 kecamatan. Berikut adalah daftar lima Kecamatan/Kapanewon di Kabupaten Sleman yang paling luas dilansir dari buku Kabupaten Sleman Dalam Angka 2023 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sleman.

  1. Kecamatan Cangkringan

Daerah yang memiliki wilayah paling luas di Kabupaten Sleman adalah Kecamatan Cangkringan. Kecamatan Cangkringan memiliki luas wilayah 47,99 km persegi. Kecamatan Cangkringan berlokasi di sebelah timur laut dari ibu kota Kabupaten Sleman dan berjarak sekitar 25 km dari ibu kota Kabupaten Sleman.

Kecamatan Cangkringan menyimpan sejumlah potensi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Seperti Wisata Lava Merapi dan Batu Alien, Bukit Klangon, hingga The Lost World Castle. Dilansir dari visitingjogja.jogjaprov.go.id, Wisata Lava Merapi dan Batu Alien adalah wisata yang direkomendasikan karena menyajikan keindahan yang tidak biasa dari Gunung Merapi yang sangat mengesankan.

  1. Kecamatan Pakem

Kecamatan yang memiliki luas wilayah terbesar di Kabupaten Sleman adalah Kecamatan Pakem. Kecamatan ini berlokasi di sebelah utara dari ibu kota Kabupaten Sleman dan berjarak sekitar 14 km dari ibu kota Kabupaten Sleman. Kecamatan Pakem memiliki luas wilayah  43.84 km persegi.

Melansir dari budaya.jogjaprov.go.id, Kecamatan Pakem memiliki potensi di bidang cagar budaya dan kesenian. Cagar budaya yang ada di Kecamatan Pakem di antaranya seperti Situs Candi, Situs Tawangrejo, Situs Ceper, dan Situs Wringinrejo. Sedangkan untuk tempat wisatnya meliputi Agrowisata Bhumi Merapi, Ullen Sentalu Museum, hingga The World Landmark Merapi Park.

  1. Kecamatan Turi

Kecamatan Turi merupakan kecamatan terluas ketiga di Kabupaten Sleman. Kecamatan ini memiliki luas wilayah 43,09 km persegi. Letak kecamatan ini berada sekitar 8 km dari pusat ibu kota Sleman.

  1. Kecamatan Prambanan

Kecamatan paling luas keempat di Kabupaten Sleman adalah adalah Kecamatan Prambanan. Kecamatan Prambanan berbatasan Kabupaten Klaten (Jateng) di sebelah Timur. Kecamatan ini berlokasi sekitar 25 km dari ibu kota kabupaten. Sedangkan luas wilayah Kecamatan Prambanan 41,35 km persegi.

Kecamatan Prambanan memiliki potensi wisata yang cukup banyak dan menjadi rumah bagi tempat wisata Candi Prambanan yang sudah dikenal hingga mancanegara. Melansir dari prambanan.slemankab.go.id, Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 Masehi. Selain itu juga terdapat wisata sejarah lain seperti Ratu Boko, Tebing Breksi, Candi Ijo, Candi Banyunino, dan lain-lain.

  1. Kecamatan Ngaglik

Kecamatan paling luas kelima se-Kabupaten Sleman adalah Kecamatan Ngaglik. Melansir dari ngaglik.slemankab.go.id, Kecamatan Ngaglik adalah wilayah yang terletak di lereng paling bawah bagian selatan Gunung Merapi. Luas wilayah Kecamatan Ngaglik mencapai angka 38,52 km persegi.

Tak kalah dengan kecamatan lainnya, Kecamatan Ngaglik juga memiliki beberapa potensi cagar budaya dan kesenian. Melansir dari budaya.jogjaprov.go.id, kecamatan ini memiliki Situs Besi, Situs Karangkemloko, Situs Palgading dan Situs Ngepos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya