SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dokumen)

Solopos.com, KULONROGO — Abrasi parah menggerus wilayah Pantai Trisik, Kalurahan Banaran, Kapanewon Galur, Kabupaten Kulonprogo. Daratan sepanjang 100 meter di pantai itu tergerus air laut dengan membentuk tebing dengan kedalaman 4 meter.

Apabila terjadi abrasi susulan di titik yang sama, maka kemungkinan besar lokasi penangkaran penyu di Pantai Trisik akan tergerus.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Kepala Bidang Kelautan, Pesisir, dan Pengawasan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Daerah Istimewa Yogyakarta, Veronica Vony Rorong, mengatakan lokasi penangkaran penyu yang hanya berjarak sekitar 5 meter dari titik abrasi tersebut akan direlokasi.

“Kami [Pemerintah Provinsi] kan memiliki BKK Maritim Dana Keistimewaan. Jadi apapun terkait dengan potensi kelautan dan perikanan itu bisa mengajukan Danais. Desa Banaran bisa mengajukan karena penangkaran penyu di sana terancam abrasi,” kata Vony ditemui di Pantai Pasir Mendit, Sabtu (12/8/2023).

Vony mengatakan lokasi relokasi berada 500 meter di sisi utara warung dan akan menggunakan lahan Paku Alam Ground (PAG). Dia menerangkan Pemerintah Kalurahan Banaran sedang mengurus perizinan lahan tersebut.

“Setahu saya, desa sudah mengajukan perizinannya ke Dispertaru dan sudah diukur juga. Kalau nanti sudah dapat kekancingan maka lahannya sudah clear. Barulah Desa dapat mengajukan BKK Maritim,” katanya.

Dia menjelaskan pembangunan hatchery atau tempat penetasan tidak akan menyedot banyak anggaran. Namun apabila ruang edukasi yang telah berdiri permanen di lokasi penangkaran ikut dipindah maka anggaran akan banyak.

“Kalau hanya hatchery saja itu tidak sampai Rp100 juta. Kalau ruang edukasi dan ruang pengunjung ikut dipindah maka biayanya jadi lebih besar,” ucapnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Pengelolaan Pelelangan Ikan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulonprogo, Wakhid Purwosubiantoro, mengatakan terdapat ratusan telur penyu yang masih ditetaskan di tempat penangkaran.

Di lain pihak, Lurah Banaran, Haryanta, mengatakan lahan PAG yang menjadi lokasi relokasi penangkaran penyu terletak di sisi Utara warung yang juga terancam oleh abrasi.

“Lahannya PAG. Terus rencananya lokasi relokasi ada di sisi Utara [warung],” kata Haryanta.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Abrasi Ancam Penangkaran Penyu di Pantai Trisik Kulonprogo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya