SOLOPOS.COM - Ilustrasi suasana pedesaan. (JIBI/Harianjogja/Antara)

Desa Baleharjo berhak maju di lomba tingkat provinsi yang diselenggarakan pada 9 Juni mendatang.

Harianjogja.com, WONOSARI – Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari berhasil keluar yang terbaik dalam lomba desa 2016 tingkat Kabupaten Gunungkidul. Dengan torehan itu, maka desa tersebut berhak maju di lomba tingkat provinsi yang diselenggarakan pada 9 Juni mendatang.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) mengatakan, panitia lomba sudah menetapkan desa mana yang berhak mewakili Gunungkidul dalam lomba desa tingkat provinsi. Dari 18 peserta, Desa Baleharjo menjadi yang terbaik dengan nilai 1.004.

“Desa ini [Baleharjo] berhasil menyisihkan Desa Semanu [Kecamatan Semanu] dan Ngunut [Kecamatan Playen] yang harus rela menduduki posisi dua dan tiga,” kata Rakhmadian kepada wartawan, Senin (9/5/2016).

Dia menjelaskan, keberhasilan Baleharjo menjadi yang terbaik tidak lepas dari program dan visi misi yang dimiliki. Oleh karenanya, para juri sepakat menetapkan desa ini sebagai yang terbaik.

“Baleharjo memiliki keunggulan yang tidak dimiliki desa lain, seperti tingkat partisipasi warga, tingkat pendidikan, kesehatan hingga kantibmas. Namun meski tampil yang terbaik, ada beberapa catatan di antaranya tentang pengadministrasian desa,” katanya.

Secara keseluruhan, Rakhmadian menilai lomba desa tahun ini lebih kompetitif dibandingkan dengan penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya. Hal ini bisa dilihat dari tingkat partisipasi masyarakat hingga keseriusan desa dalam menyambut lomba.

“Dengan hasil itu, Baleharjo akan maju dalam lomba desa di tingkat provinsi,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Desa Baleharjo Agus Setyawan menggaku bangga dengan hasil dalam lomba desa di tahun ini. menurut dia, sejak awak dirinya sudah optimistis bisa memenangkan lomba tersebut. “Kami langsung akan fokus menyambut lomba desa di tingkat provinsi. Mudah-mudahan kita bisa maju sampai tingkat nasional,” katanya.

Dia menjelaskan, untuk mewujudkan mimpi maju ke tingkat nasional harus bisa menjadi yang terbaik di DIY. Untuk mewujudkan hal tersebut, Baleharjo akan berpegang pada program unggulan yang dimiliki desa, meliputi pengembangan desa berbasis Informasi dan tekhnologi, serta program sosial ayng bertajuk Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM).

Agus menjelaskan, untuk program WKSBM merupakan program berbagi antara si miskin dengan si kaya di Desa Baleharjo. Setiap bulannya ada petugas khusus yang keliling desa untuk menghimpun dana dari warga mampu, untuk kemudian disalurkan ke warga yang kurang mampu.

“Selain program ini, untuk maju ke tingkat provinsi juga mengadalkan partisipasi dan peran dari masyarakat dalam menyambut lomba desa,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya