SOLOPOS.COM - Ilustrasi longsor (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Bencana tanah longsor terjadi di Dusun Pugeran, Desa Karangsari, Keamatan Semin.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun jalan penghubung Dusun Pugeran dan Dusun Purwo terputus karena tertutup tanah longsoran.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Benana Daerah (BPBD) Gunungkidul Sutaryono mengatakan, tanah longsor setinggi 40 meter itu terjadi pada Rabu (27/11/2013) dini hari, setelah hujan deras sejak Selasa (26/11/2013) malam.

“Jalan tertutup tanah, sementara ini belum bisa dilalui. Warga dua dusun itu harus berputar melalui jalan lain,” katanya, Rabu (27/11/2013).

Hingga Rabu malam, petugas BPBD yang melakukan cek lokasi belum bisa mengevakuasi tanah dari jalan yang tertimbun tanah karena kondisi tanah masih labil. BPBD memperkirakan kerugian akibat kejadian itu sekitar Rp300 juta.

Kepala BPBD Gunungkidul Budi Harjo menambahkan, untuk melakukan evakuasi tanah longsor tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lain seperti Dinas Pekerjaan Umum (DPU) karena banyaknya material dan kerugian yang ditimbulkan yang tidak sedikit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya