SOLOPOS.COM - Salah satu rumah yang terkena dampak tanah longsor di Jeruk, Gerbosari, Jumat (7/4/2017).(JIBI/Harian Jogja/Uli Febriarni)

Dia dan warga lainnya diminta mengungsi ke kediaman kepala dusun

Harianjogja,com, KULONPROGO—Longsor terjadi di Dusun Jeruk, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kamis (6/4/2017). Sebanyak sembilan kepala keluarga dievakuasi untuk menghindari longsor susulan.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Salah satu pemilik rumah, Siswiyanti, mengatakan longsor pertama terjadi pada Kamis pukul 06.00 WIB. Malam harinya, dia dan warga lainnya diminta mengungsi ke kediaman kepala dusun, yang berjarak sekitar 300 meter dari kediamannya.

Pertanda munculnya longsor sudah muncul tiga hari sebelumnya. Siswiyanti mengaku suaminya sempat membuat jalan air pada rekahan tanah agar rumahnya tidak kena longsor apabila terjadi hujan deras.

“Tapi kemudian pak kepala dusun meminta tak usah dibuat jalur air lagi. Malam itu [Kamis] hujan lebat dan kami [warga] langsung diminta petugas untuk ke rumah pak kadus,” ujarnya, Jumat (7/4/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya