SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengumuman CPNS (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pengumuman hasil tes ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kulonprogo masih menunggu keputusan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan). Ujian digelar di STMIK Akakom.

“Pelaksanaan ujian telah kami lakukan tanggal 25 September lalu. Dari 1.217 peserta, sebanyak 37 peserta tidak hadir,” ujar Kasubid Perencanaan dan Pengadaan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kulonprogo Sri Agung Pangarso kepada Harianjogja.com pekan lalu.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Agung memaparkan, jumlah formasi yang disediakan pada penerimaan CPNS Kulonprogo tahun ini hanya 30 posisi. Namun, satu formasi di antaranya tidak terisi yakni formasi Dokter Spesialis Kandungan.

Dia mengatakan, saat ini pengumuman peserta yang lolos seleksi Computer Assessment Test (CAT) belum dapat diumumkan. Pasalnya, keputusan nantinya masih akan menunggu dari panitia seleksi CPNS dari pusat.

“Kami belum tahu kapan pengumuman bisa kami sampaikan. Namun, secara skor sudah ditampilkan langsung usai tes kemarin,” papar Agung.

Kabid Perencanaan dan Pengembangan BKD Kulonprogo Sarji menambahkan, pelaksanaan penerimaan CPNS tahun ini dirasa masih ada sejumlah kendala. Pelamar CPNS umumnya kesulitan mengakses pendaftaran secara online.

“Selain itu kurangnya pemahaman teknologi juga masih banyak dialami oleh para peserta. Apalagi jaringan yang penuh saat itu sampai membuat sistem down, sehingga semakin membuat peserta kebingungan,” jelas Sarji.

Namun, lanjut Sarji, pelaksanaan tes CPNS pada tahun ini dinilai lebih baik dibandingkan tes-tes sebelumnya. Pasalnya, penggunaan sistem CAT membuat penilaian lebih objektif.

Standar kemampuan peserta bisa diketahui secara langsung dengan nilai tes yang ditampilkan. Dia mengungkapkan, melalui tes tersebut tingkat kecurangan akan sangat minim dilakukan oleh peserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya