SOLOPOS.COM - Warga menyaksikan lumba-lumba yang terdampar di Pantai Bugel, Senin (30/12/2013). (JIBI/Harian Jogja/Switzy Sabandar)

Harianjogja.com, KULONPROGO-Seekor lumba-lumba terdampar di Pantai Bugel, Kecamatan Panjatan, Senin (30/12). Mamalia laut sepanjang dua meter dan berat sekitar satu kuintal tersebut ditemukan dalam keadaan membusuk dengan luka di mata kanan dan lidah menjulur keluar di bibir pantai oleh beberapa warga setempat sekitar pukul 14.00 WIB.

Warga menempatkan binatang tersebut sekitar 20 meter dari pantai, diikat dengan tali yang ditancapkan di semak-semak. Tujuannya, supaya lumba-lumba tidak terseret ombak.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Toto Sugianto, 40, warga Pedukuhan II, Desa Bugel, mengatakan, bersama dengan beberapa warga lainnya menemukan lumba-lumba dalam keadaan mati di bibir pantai.

“Kebetulan Pantai Bugel memang sedang ramai karena ada kesenian jathilan jadi saya bersama dengan beberapa warga segera mengangkat lumba-lumba tersebut,” ujarnya, Senin (30/12/2013).

Ia menduga, lumba-lumba tersebut sempat tertangkap nelayan. Namun, mengingat hewan tersebut dilindungi, maka dilepas kembali ke laut.

Muji Isnanto, 63, warga lainnya, menambahkan, warga tidak melaporkan penemuan tersebut kepada Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan Kulonprogo karena lumba-lumba yang ditemukan sudah dalam keadaan mati.

“Nanti akan dikubur setelah maghrib, supaya memberi kesempatan kepada warga yang berwisata dan ingin melihat-lihat lumba-lumba,” urainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya