SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, JOGJA-Sepuluh mahasiswa asing yang berasal dari enam perguruan tinggi di Australia mengikuti kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Universitas Gadjah Mada. Enam perguruan tinggi tersebut adalah Murdoch University, Adelaide University, Melbourne University, Queensland University, Royal Melbourne Institute of Technology University dan Deakin University.

Kesepuluh mahasiswa Australia itu ditempatkan di tiga Kabupaten di DIY. Mereka ditugaskan untuk melaksanakan program pengentasan kemiskinan di desa-desa tertinggal dan memberdayakan masyarakat melalui program pengembangan desa binaan.
Satu dari 10 mahasiswa asal Australia itu bernama Alexander Dungey. Dia tercatat sebagai mahasiswa jurusan Development Studies, Deakin University.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Perempuan berusia 21 tahun ini menuturkan, keikutsertaan kegiatan KKN setelah mendapat rekomendasi dari Deakin University. Secara kebetulan selama satu semester, Dungey tengah mengikuti program pertukaran mahasiswa Indonesia dan Australia. Di UGM, ia mengikuti program The Indonesian Language and Culture Learning Service (INCULS) di Fakultas Ilmu Budaya UGM.

Kegiatan KKN PPM yang dilaksanakan selama kurang lebih dua bulan, Dungey ditempatkan di salah satu desa di Sleman. Dungey pun menyiapkan sejumlah program pemberdayaan untuk mengentaskan masalah kemiskinan di lokasi yang akan dia tempati. “Kami akan melaksanakan program pemberdayaan masyarakat di daerah desa binaan,” kata perempuan yang sudah empat kali berkunjung ke Indonesia.

Selain 10 mahasiswa asing, penerjunan mahasiswa KKN PPM periode gasal ini diikuti kurang lebih 275 mahasiswa. Selain ditempatkan di DIY, mahasiswa lainnya disebar di daerah luar DIY seperti Kepulauan Seribu, Makassar, dan Muntilan. Khusus di Kepulauan Seribu, sebanyak 20 mahasiswa yang dikirim.

“Mereka melaksanakan program pemberdayaan masyarakat dalam upaya pengurangan masalah sampah. Program ini sesuai dengan kesepakatan UGM dengan Pemprov DKI,” kata Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Prof. Suratman di sela-sela pelepasan mahasiswa KKN PPM UGM di Balairung, Senin (4/11/2013).

Suratman menambahkan, mahasiswa perserta KKN PPM mengemban misi untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam bidang ketahanan pangan, energi dan kewirausahaan. Tujuan utamanya mengurangi jumlah masyarakat miskin dengan cara membuka peluang usaha ekonomi baru lewat hasil inovasi mahasiswa dari berbagai displin ilmu.

Oleh karena itu, kegiatan KKN di lokasi yang sama selama tiga tahun bisa memberi kesempatan kerja baru dan pengurangan angka pengangguran. “Dalam tempo tiga tahun, lokasi yang menjadi tempat kegiatan KKN bisa menjadi desa mandiri,” katanya.

Terdapat 12 tema yang akan dijalankan pada KKN PPM periode ini. Meliputi, program desa binaan, pengembangan pengelolaan air bersih, pengentasan desa tertinggal, pemberdayaan GAKIN untuk akses layanan kesehatan ibu dan anak, dan pemberdayaan masyarakat sekitar kampus.

Tema program selanjutnya, penanganan masalah kejadian luar biasa dengue, pemberdayaan masyarakat dalam pengurangan masalah sampah, penanganan kepindahan pengungsi korban erupsi merapi dari hunian sementara ke hunia tetap, peningkatan nasionalisme dan ketahanan pangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya