SOLOPOS.COM - Gedung Pusat UGM Yogyakarta (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Mahasiswa berprestasi di bidang matematika.

Harianjogja.com, SLEMAN-Tim mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mendominasi kejuaraan Mathematics ITS Calculus Competition (MISSION). Delegasi UGM berhasil meraih juara I dan juara III dalam Olimpiade Matematika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) (OMITS) yang diselenggarakan 6 Februari 2016 lalu ini.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Dalam kompetisi ini tim UGM yang beranggotakan Erwin Eko Wahyudi (Ilmu Komputer-FMIPA) dan Garry Ariel (Matematika-FMIPA) berhasil meraih juara pertama. Sementara tim UGM lainnya dari Matematika FMIPA yakni Mu’amar Musa N dan Riky Kurniawan berhasil meraih juara III.

Erwin menyampaikan kompetisi MISSION ini diikuti 100 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Beberapa diantaranya ITS, ITB, Universitas Airlangga, Universitas Andalas, Universitas Brawijaya, UIN Sunan Kalijaga, dan UGM.

Perjuangan Erwin dan Garry meraih juara tidaklah diperoleh dengan mudah. Sebelumnya mereka harus bersaing dengan 99 tim lain dalam babak penyisihan. Pada tahap penyisihan seluruh peserta diminta untuk mengerjakan soal-soal kalkulus yang berbentuk 40 soal pilihan ganda dan 10 soal berupa isian singkat.

“Dari 100 tim tersebut dipilih 15 tim yang maju ke nasional. Ada enam tim UGM yang berhasil masuk di tingkat nasional,” jelasnya Jumat (8/4/2016) seperti dikutip dari rilis.

Selanjutnya pada babak final seluruh tim harus melalui seleksi dalam dua sesi yaitu presentasi dan rally. Dalam sesi presentasi peserta diberikan sejumlah soal untuk dipecahkan untuk dipresentasikan di hadapan dewan juri. Sedangkan dalam sesi rally setiap tim harus mengerjakan soal-soal kalkulus dalam tiga pos yang berbeda dalam waktu 1 jam.

“Sangat senang dan bangga dalam kompetisi ini delegasi UGM bisa menyabet dua juara sekaligus,” papar mahasiswa angkatan 2012 ini.

Saat disinggung tentang persiapan mengikuti kompetisi ini, Erwin mengungkapkan bahwa ia dan rekannya melakukan persiapan secara maksimal menghadapi MISSION ini. Mereka melakukan latihan dan berdiskusi membahas soal-soal kalkulus serta matematika secara rutin dalam waktu hampir satu bulan menjelang pelaksanaan lomba.

“Senang bisa mendapatkan hasil maksimal dan memberikan prestasi terbaik bagi universitas. Semoga kedepan akan semakin banyak lagi prestasi yang ditorehkan mahasiswa UGM dalam berbagai kejuaraan,” terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya