SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto Suasana jalan Malioboro dipadati dengan wisatawan yang sedang menikmati libur di penghujung tahun, seperti terlihat pada Senin (20/12/2013). Jalan Malioboro tidak akan ditutup bagi penggunan kendaraan, namun jalan itu akan disterilkan dari parkir kendaraan bermotor, becak maupun andong. Ketiadaan aktivitas parkir di Malioboro sejak pukul 21.00 WIB diharapkan dapat membuat kawasan pedestrian itu menjadi nyaman bagi pejalan kaki saat menikmati malam pergantian tahun.

Harianjogja.com, JOGJA-Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Daerah Istimewa Yogyakarta Brigjen Pol Haka Astana menegaskan tidak akan ada penutupan akses jalan bagi kendaraan yang akan masuk di daerah ini pada malam tahun baru 2014.

“Kami tidak akan menutup akses jalan, semua akan menyesuaikan dengan kondisi arus lalu lintas saja. Semua normal saja,” kata Haka seusai melakukan teleconference dengan Markas Besar Polri untuk membahas persiapan pengawasan Tahun Baru 2014, di kawasan Titik Nol Kilometer Jogja, Selasa (31/12/2013).

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Menurut Haka, persiapan menjelang malam Tahun Baru 2014 akan menyiagakan aparat kepolisian dengan agenda khusus untuk mengatur kelancaran arus lalu lintas.

“Kalaupun nanti kami lihat di Malioboro penuh kami hanya akan melakukan pengalihan saja. Dan kami akan mencoba mengatur jangan sampai ada aktivitas yang membuat orang terkumpul di satu titik jalan,” katanya.

Oleh sebab itu, menurut dia, bagi masyarakat yang ingin merayakan malam tahun baru di Jogja tetap dapat masuk di Jogja.

“Tidak ada masalah, kami akan melayani bagi masyarakat yang ingin merayakan di Jogja, kami tidak akan menghambat mereka,” katanya.

Menurut dia, pengawasan arus lalu lintas akan lebih difokuskan yakni di sepanjang Jalan Mangkubumi, Jalan Ahmad Yani serta Malioboro.

“Selain itu titik fokus lain juga kami pusatkan di jalan menuju pantai parangtritis. Biasanya di malam tahun baru, selain di Malioboro banyak kendaraan mengarah ke sana, kami akan usahakan agar arus tidak stagnan,”katanya.

Adapun kekuatan pengamanan yang dilibatkan selama puncak Tahun Baru 2014 kurang lebih 3.463 personel yang juga akan melibatkan bantuan TNI.

“Yang seyogyanya hanya melibatkan kekuatan 1.510 personel kami lebihkan menjadi 3.463 personel,”kata .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya