SOLOPOS.COM - Papan nama Jl. Malioboro yang menjadi salah satu lokasi berfoto wisatawan di kawasan Malioboro, Kota Jogja. (Antaranews.com)

Solopos.com, BANTUL — Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta akan menjadikan Malioboro sebagai kawasan full pedestrian atau khusus pejalan kaki pada 2025. Nantinya untuk parkir kendaraan wisatawan akan dipusatkan salah satunya di Taman Parkir Ketandan.

Plh Dinas Perhubungan (Dishub) DIY, Sumariyoto, mengatakan status lahan Taman Parkir Ketandan saat ini masih menyewa dari UPN Veteran Yogyakarta. Meski demikian, dengan rencana penataan Jalan Malioboro menjadi full pedestrian, maka taman parkir tersebut bisa menjadi pilihan tempat parkir bagi wisatawan yang berkunjung ke Malioboro.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

“Jika nanti keinginan Ngarso Dalem [Sultan HB X] agar pedestrian di Ketandan mulai dari Gapura Pecinan sampai ke timur, jadi nanti parkirnya bisa di Ketandan semua,” katanya dihubungi melalui telepon, Kamis (10/8/2023).

Sumariyoto menyampaikan Taman Parkir Ketandan ini digadang-gadang akan menggunakan sistem smart parkir. Namun, konsep tersebut masih dalam proses pengakajian hingga saat ini.

“Kita berharap dapat menjadi smart parking, berikutnya ini belum tahu, ini baru konsep,” katanya.

Untuk memudahkan wisatawan ketika Malioboro full pedestrian, menurut Sumariyoto, Taman Parkir Ketandan akan digunakan sebagai area pick up point kendaraan online.

“Ke depannya Ketandan bisa digunakan pickup bagi aplikasi, misalnya sudah full pedestrian berarti kan tidak bisa masuk, berarti penumpang yang akan memesan angkutan sewa khusus, nanti pickupnya bisa ke Ketandan. Kita sudah sounding ke aplikator, untuk bisa menempatkan pickupnya di sana,” katanya.

Meski begitu, menurut Sumariyoto konsep tersebut masih terus disempurnakan. Sehingga tahun ini belum ada pembangunan konstruksi di Taman Parkir Ketandan.

“Tahun ini kita belum membangun konstruksi di sana, kita lihat ke depannya nanti. Kalau konsepnya bisa kita kembangkan, cuma saya belum bisa menyampaikan,” katanya.

Untuk saat ini, Taman Parkir Ketandan bisa menampung 90 motor dan 60 mobil.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Malioboro Full Pedestrian 2023, Parkiran Ketandan Dijadikan Smart Parking

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya