SOLOPOS.COM - Desa Wisata Wukirsari di Kabupaten Bantul.  (istimewa/jadesta.kemenparekraf.go.id)

Solopos.com, JOGJA — Tiga desa wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi juara dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Bahkan, satu desa wisata di DIY menjadi juara pertama dalam kategori Desa Wisata Maju.

Tiga desa wisata di DIY yang menjadi juara dalam ajang bergengsi itu adalah Desa Wisata Wukirsari yang ada di Kabupaten Bantul. Desa wisata ini menjadi juara I dalam kategori Desa Wisata Maju.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Kemudian Kampung Wisata Purbayan, Kota Jogja, yang menjadi juara II kategori Desa Wisata Berkembang. Sedangkan satu desa wisata lainnya yakni Desa Wisata Hargotirto, Kabupaten Kulonprogo, yang menjadi juara V kategori Homestay dan Toilet.

Selain tiga penghargaan tersebut, Desa Wisata Wukirsari juga mendapatkan penghargaan Rekor MURI dengan jumlah perajin batik tulis terbanyak.

Dikutip dari jogjaprov.go.id, Desa Wisata Wukirsari terletak di Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri, Bantul. Desa wisata ini menyajikan berbagai potensi, seperti kerajinan batik tulis, kerajinan kulit,  dan kerajinan lainnya.

Tidak hanya menyajikan beragam kerajinan yang sudah turun-temurun, Desa Wisata Wukirsari juga memiliki potensi alam yang indah, mulai dari perbukitan, sungai, hutan, dan lahan pertanian.

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam keterangan pers, menyampaikan program ADWI yang telah memasuki tahun ketiga penyelenggaraan diharapkan dapat menjadi daya ungkit bagi perekonomian desa.

“Semakin banyak masyarakat juga wisatawan yang penasaran dan ingin tahu daya tarik di desa wisata, sehingga diharapkan dapat mendorong penciptaan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024,” kata Sandiaga.

Dia menuturkan melalui ADWI ini, desa wisata memiliki wahan promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Selain itu, program ini juga mendorong daerah untuk dapat menciptakan desa wisata baru yang dapat membangkitkan ekonomi desa.

Pemberian penghargaan kepada desa wisata dalam ajang ADWI 2023 itu digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Minggu (27/8/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya