SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, JOGJA—Di hari ulang tahunnya yang ke-259, Kota Jogja juga masih menanggung beban soal keamanan. Kasus penipuan dan pencurian di wilayah Kota Jogja masih tergolong tinggi.

Setidaknya dari data Polresta Jogja, selama tahun ini hingga Agustus kasus tindak pidana penipuan sudah terjadi 212 kasus. Sementara pencurian biasa 187 kasus, disusul pencurian sepeda motor 138 kasus.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Pada 2013 lalu, kasus penipuan sebanyak 399 kasus, pencurian biasa 284 kasus. Selain kasus penipuan dan pencurian, kasus kriminal lainnya yang terjadi selama tahun ini hingga Agustus cukup tingi.

Kepala Polresta Jogja Komisaris Besar Polisi Slamet Santoso mengakui kasus penipuan cukup mendominasi.

Menurutnya, kasus penipuan biasanya terjadi antara korban dan pelaku belum saling kenal, seperti dalam jual beli online, sewa menyewa kendaraan. “Modusnya pelaku menjanjikan keuntungan serta iming-iming berhadiah,” kata Slamet, belum lama ini.

Kapolresta mengimbau masyarakat untuk tidak terlalu mempercayai orang yang baru dikenal terlebih menawarkan sesuatu yang bisa menggiurkan calon korban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya