SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, SLEMAN – Direktorat Lalulintas Polda DIY kehabisan material untuk mencetak Surat Izin Mengemudi (SIM) sejak bulan Juli 2014. Akibatnya pemohon SIM terpaksa diberi ganti selembar Surat Keterangan Lulus seusai mengikuti ujian.

Berdasarkan pantauan Harianjogja.com, habisnya material SIM terjadi di Polres Sleman dan Polresta Jogja. Kendati demikian pemohon SIM tetap dilayani seperti biasa. Bedanya kali ini para pemohon tidak masuk ruang foto. Seperti yang terjadi di Polres Sleman, pemohon akan dihubungi untuk difoto jika nantinya material SIM sudah tiba. Sebagai ganti pengesahan izin mengemudi pemohon diberikan surat keterangan lulus ujian SIM.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Terkait habisnya material SIM, Direktur Lalulintas Polda DIY, Kombes Nasri Wiharto menjelaskan pihaknya sudah mendapatkan laporan dari tiap Polres dan Polresta terkait habisnya material. Ia mengakui memang tengah kehabisan stok material atau bahan baku pembuatan SIM. Saat ini, lanjutnya, masih dalam proses pengecekan distribusi material dari Mabes Polri. Pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebab habisnya material, tetapi menurutnya terjadi lonjakan permintaan SIM di DIY akhir-akhir ini. Kasus habisnya material SIM tidak terjadi di semua daerah luar DIY.

“Saat ini dalam pengecekan ke Mabes. Mungkin tidak semua daerah [yang kehabisan] tetapi kami belum memantau daerah lain,” terang Nasri melalui sambungan telepon, Senin (4/8/2014) sore.

Nasri mengimbau kepada pemohon untuk tidak khawatir. Karena sebagai ganti sementara pemohon SIM diberikan Surat Keterangan Lulus. Surat itu berisi data bahwa pemohon dinyatakan lulus dalam proses ujian penerbitan SIM. Surat itu sekaligus sebagai SIM sementara yang dapat digunakan pemohon disaat mengemudi. Jika material sudah tiba di DIY maka surat itu akan diganti dengan SIM asli.

“Tidak lama seperti plat nomor, kami usahakan secepatnya tiba, dalam waktu dekat ini paling tidak pertengahan bulan ini. Karena kebetulan ini beberapa petugas yang non polisi sempat libur lebaran, hari ini masuk pertama dana akan segera diurus,” jelasnya.

Terpisah Kasatlantas Polres Sleman, AKP Mariska menambahkan kelangkaan material SIM di satuannya terjadi sejak pekan terakhir pada bulan Juli 2014. Meski demikian proses pelayanan masih berjalan seperti biasa. Para pemohon diminta langsung mengikuti ujian kemudian diberikan surat keterangan lulus bagi yang lulus.

“Para pemohon kami minta meninggalkan nomor ponsel, jika material sudah datang langsung kami hubungi untuk datang dan difoto,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya