SOLOPOS.COM - Petugas mengevakuasi jenazah bayi di pinggir jalan, Dusun Temanggal, Kalurahan Purwomartani, Kapanewon Kalasan, Kabupaten Sleman, Senin (14/2). (Istimewa/Dokumentasi Polsek Kalasan)

Solopos.com, SLEMAN — Warga Dusun Temanggal, Kalurahan Purwomartani, Kapanewon Kalasan, Kabupaten Sleman, DIY gempar karena penemuan jenazah bayi di dalam kardus pada Senin (14/2/2022).

Penemuan bayi tak bernyawa di dalam kardus itu ditemukan di pinggir jalan Dusun Temanggal, Kalurahan Purwomartani, Kapanewon Kalasan, Senin pagi. Saat ditemukan, tubuh bayi itu masih utuh. Bahkan, masih ada tali pusar dan belum dipotong.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Kanit Reskrim Polsek Kalasan, Iptu Sri Pujo, menjelaskan jenazah bayi tersebut ditemukan sekira pukul 06.30 WIB oleh warga setempat, Paryono, 45. “Panjang bayi 30 sentimeter [cm], berat 0.65 kilogram [kg]. Jenis kelamin perempuan,” kata Sri Pujo saat dikonfirmasi, Senin.

Baca Juga : Bayi Perempuan Ditemukan di Semak, Dikerubuti Serangga dan Tangan Patah

Ia menduga bayi tersebut terlahir secara prematur atau tujuh bulan. “[Kemungkinan bayi dilahirkan] umur kurang lebih tujuh bulan,” imbuhnya.

Sri Pujo menceritakan kronologi warga setempat menemukan jenazah bayi. Saat itu, Paryono sedang berjalan melintasi Jl. Cupuwatu-Temanggal dari arah barat ke timur. Paryono mengaku hendak membeli rokok di toko setempat.

Di perjalanan, ia melihat kardus di tepi jalan. Diduga penasaran, Paryono berhenti dan mengecek isi kardus. Betapa kaget, ia menemukan jenazah bayi lengkap dengan tali pusar.

Baca Juga : Hendak Cari Jamur ke Makam, Warga Madiun Malah Temukan Jenazah Bayi

Paryono melanjutkan perjalanan ke toko. Saat di toko, ia memberitahu Broto Cahyono, 38, perihal menemukan jenazah bayi. Mereka lalu mendatangi lokasi dan melaporkan penemuan kepada pemangku wilayah.

“Laporan diteruskan ke Polsek Kalasan untuk tindakan lebih lanjut. Petugas piket serta ambulan RS Bhayangkara meluncur ke lokasi dan membawa jenazah bayi ke RS Bhayangkara.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya