SOLOPOS.COM - Ilustrasi kopi (Pinterest)

Stasiun Tugu jadi lokasi bagi kopi gratis.

Harianjogja.com, JOGJA–DIY menjadi salah satu kota yang menjadi tempat penyelenggaraan Festival Kopi oleh PT KAI dengan tajuk Enjoy Your Journey with Indonesia Coffe. Stasiun Tugu Jogja menjadi satu dari 13 stasiun dalam acara pembagian 16.000 cangkir kopi gratis ini.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Acara ini digelar untuk memperkenalkan biji kopi lokal Indonesia kepada masyarakat luas. Pasalnya, meski kopi sudah menjadi gaya hidup di Indonesia namun kebanyakan masyarakat lebih bangga mengonsumsi kopi dari luar negeri dari pada produk lokal. PT KAI bersama dengan komunitas kopi dan PT Reska Multi Usaha akan membagikan kopi gratis pada para penumpang kareta serta masyarakat yang berada di stasiun. Total akan ada 16.000 kopi gratis dibagikan di 13 stasiun di Pulau Jawa yang termasuk pula 100 cup setiap satu rangkaian kereta bagi penumpang yang beruntung.

Mukti Jauhari, Coorporate Deputy Director of Passenger Transport Marketing and Slaes PT KAI mengatakan acara ini berusaha memperkenalkan berbagai varietas kopi dari setiap daerah di Indonesia. “Kegiatan akan dilaksanakan dua hari pada 30 sampai 31 Januari serentak pada 40 keberangkatan,” katanyalewat rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (25/1/2018). Stasiun yang dituju berada di 11 kota antara lain Jakarta, Bandung, Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Semarang, Tegal, Surabaya, Malang dan Jember.

Ikut diajak pula 200 barista alias peracik kopi lokal untuk unjuk gigi dalam acara ini. Harapannya, masyarakat akan menyukai dan lebih memilih komoditas lokal dari pada produk asing. Akan ada sejumlah produk yang juga akan dijual kepada masyarakat seperti green bean, roast bean, kopi bubuk, serta cold brew. Hasil dari penjualan tersebut akan disumbangkan 10% untuk perbaikan gizi di daerah sekitar stasiun tempat kegiatan ini berlangsung.

Masyarakat yang ingin mendapatkan kopi secara gratis hanya diminta menunjukkan aplikasi KAI ACCESS yang sudah terinstal dan teregistrasi di smarphone-nya saja. Mukti juga menambahkan  diharapkan akan dapat menciptakan pengalaman di benak penumpang dalam menikmati perjalanannya menggunakan kereta api. Adapun rangkaian kereta api di DIY yang bakal menjadi lokasi acara ini antara lain Sancaka, Fajar Utama Yogyakarta, Malioboro Ekspres, Taksaka Pagi, Sancaka Sore, dan Senja Utama Yogyakarta. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya