SOLOPOS.COM - Foto Aksi Hari Buruh di Jogja, 1 Mei 2013 JIBI/Harian Jogja/Antara

Foto Aksi Hari Buruh di Jogja, 1 Mei 2013
JIBI/Harian Jogja/Antara

JOGJA-Ratusan buruh dari berbagai serikat pekerja dan organisasi mahasiswa di Jogja turun ke jalan memperingati Hari Buruh Internasional, Rabu (1/5). Mereka tergabung dalam Komite Aksi May Day atau Hari Buruh.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Sebelum menggelar aksi di titik nol Jogja, para buruh dan mahasiswa itu berkumpul di Taman Parkir Abu Bakar Ali atau sisi Utara Jalan Malioboro. Massa aksi sempat berorasi di depan Gedung DPRD DIY sebelum membubarkan diri di Titik Nol Jogja.

Akibat aksi tersebut, Jalan Malioboro yang menjadi pusat wisata dan perdagangan di Jogja itu sempat ditutup dan dialihkan. Begitu pula arus lalu lintas dari Jalan Pasar Kembang, Jalan Mataram dan Jalan Mangkubumi yang menuju Malioboro turut dialihkan.

Arus lalu lintas dari Jalan Pasar Kembang dan Mangkubumi dialihkan ke Kotabaru dan Jalan Mataram. Sedangkan arus lalu lintas dari Jalan Mataram menuju Malioboro dialihkan ke Kota Baru. Akibat pengalihan arus lalu lintas ini antrean kendaraan menuju Malioboro memanjang hingga ratusan meter.

Jalan Malioboro yang biasanya ramai, akibat aksi tersebut menjadi lengang. Hanya ada beberapa sepeda motor, becak dan andong yang melewati jalan pusat kawasan legendaris tersebut.

Aksi May Day di Jogja sendiri berjalan tertib. Selain membawa spanduk bertuliskan berbagai tuntutan buruh, mereka juga melakukan orasi sepanjang Jalan Malioboro dan membagikan pernyataan sikap.

Beberapa tuntutan para buruh dalam pernyataan sikapnya adalah melawan politik upah murah, hapus sistem kerja kontrak dan outsourcing. Lawan pemberangusan serikat buruh, tolak RUU Ormas, dan beberapa tuntutan lainnya.

“Sistem kerja kontrak dan outsourcing jelas-jelas merugikan buruh dan hanya menguntungkan kalangan pengusaha saja,” ujar koordinator aksi, Kirnadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya