SOLOPOS.COM - Ilustrasi bandara (Dok/JIBI)

Ilustrasi

Ilustrasi

Harian Jogja.com, KULONPROGO-Sejumlah kepala dusun (kadus) di wilayah pesisir Kulonprogo merasa menjadi tumbal rencana megaproyek yang digulirkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Para kadus menyampaikan aspirasi dalam audiensi dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Kulonprogo, Astungkoro, di Gedung Kaca Pemkab Kulonprogo, Kamis (26/9/2013).

Kepala Dusun Trisik, Desa Banaran, Kecamatan Galur, Jaka Samudra, dalam audiensi memaparkan, selama ini dia menjadi kambing hitam dalam kaitan upaya memuluskan megaproyek pasir besi. Sayangnya, Pemkab seolah tutup mata terhadap kesulitan yang dihadapi para Kadus.

“Padahal Pemkab menjadikan kami sebagai ujung tombak ketika menyampaikan sosialisasi kepada warga. Tapi Pemkab tidak membantu sepenuhnya upaya sosialisasi itu,” papar Jaka.

Para kadus di wilayah pesisir akhirnya menjadi tumbal. Warga sering menuding kadus sebagai antek Pemkab yang ingin turut memuluskan rencana megaproyek.

Kepala Dusun Imorenggo, Desa Karangsewu, Kecamatan Galur, Solikin, juga melihat Pemkab kurang respek terhadap kesulitan kadus di wilayah pesisir. Menurutnya, banyak proyek-proyek di pesisir yang akhirnya justru menjadikan Kadus sebagai sasaran cibiran warga.

“Akhirnya Kadus kembali harus berhadapan dengan warga. Sama seperti ketika warga kami akan melakukan pembongkaran tambak, kami yang harus meredam situasi,” papar Solikin.

Menanggapi keluhan itu, Asisten Sekda III, Triyono, berjanji akan lebih meningkatkan sosialisasi dengan kadus. Dia beralasan, sebelum rencana megaproyek benar-benar fix, sosialisasi masih dilakukan terbatas.

“Namun karena megaproyek pasir besi, bandara dan pelabuhan akan bergulir, kami akan intens dalam mendampingi kadus melakukan sosialisasi,” ujar Triyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya