SOLOPOS.COM - Bob Carr sedang melihat pameran makanan olahan warga Cangkringan yang terdampak erupsi Merapi 2010 di Joglo Pentingsari, Umbulharjo, Sabtu (14/7) (JIBI/Harian Jogja/Switzy Sabandar)

Bob Carr sedang melihat pameran makanan olahan warga Cangkringan yang terdampak erupsi Merapi 2010 di Joglo Pentingsari, Umbulharjo, Sabtu (14/7) (JIBI/Harian Jogja/Switzy Sabandar)

SLEMAN–Menteri Luar Negeri Australia, Bob Carr, mengunjungi Desa Wisata Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, Sabtu (14/7). Kedatangannya untuk meninjau hasil bantuan pascaerupsi Merapi yang disalurkan AUSAID dan Bank Dunia melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Bob Carr mengaku terkesan dengan daerah Cangkringan dan masyarakatnya yang sudah dapat kembali memulihkan kondisi perekonomian pascaerupsi Merapi. “Australia merasa senang dapat membantu dan itulah gunanya tetangga,” ujarnya dalam pidato sambutan.

Ia menambahkan, sejauh ini Australia sudah mengalokasikan US$250 juta untuk bantuan bencana di Indonesia.

Koordinator PNPM Mandiri Perdesaan Provinsi DIY, Budi Sasongko menyebutkan, dana yang diterima sepanjang 2011 dari AUSAID melalui Bank Dunia sebesar Rp6,6 miliar yang digunakan untuk pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat. Salah satunya, lanjut dia, melalui dana bergulir Unit Pengelola Kegiatan (UPK) yang secara aktif melayani 97 kelompok dengan jumlah pemanfaat 807 orang. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya