SOLOPOS.COM - Polisi Satlantas Polresta Solo bersepeda onthel melakukan simulasi pengamanan car free night melintasi Jalan Slamet Riyadi, Solo, Kamis (29/12/2011). Car free night akan digelar tanggal 31 Desember saat malam pergantian tahun baru. (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Kuda didatangkan dari Belanda.

Harianjogja.com, JOGJA–Polisi Berkuda dari Unit Satwa Polda DIY siap mengawal libur Natal dan Tahun baru yang sudah ada di depan mata. Untuk pertama kalinya, unit ini menguji coba dua kuda berjenis Warmblood itu di Malioboro, Rabu (13/12/2017).

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Kanit Satwa Polda DIY AKP Adi Purnomo mengatakan kedua kuda yang bernama G dan Sandokan itu didatangkan khusus dari Belanda pada Sabtu lalu (9/12/2017), guna menunjang aktivitas patroli di tempat wisata dan pengamanan saat ada festival budaya ataupun demo.

“Hari ini perdana coba di Malioboro. Saat liburan akan kami operasionalkan untuk melakukan patroli di tempat wisata,” katanya kepada wartawan di Kompleks Kepatihan.
Menurutnya, kuda sengaja dipilih karena bertubuh besar, gagah dan tinggi sehingga akan memudahkan petugas dalam melakukan patroli karena punya pandangan yang lebih luas. Selain kuda, Unit Satwa Polda DIY juga memiliki 13 anjing.

Selain Polda DIY, kepolisian yang sudah memiliki kuda adalah Polda Jawa Tengah, Bali dan Nusa Tenggara Barat. “Ini atas instruksi Mabes [Polri]. Mungkin kedepannya akan ditambah Polda lain,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya