SOLOPOS.COM - Kondisi minibus terguling di Tanjakan Clongop, Gedangsari, Kamis (27/4 - 2023). / Harian Jogja/ist

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Minibus yang berisi rombongan wisatawan asal Kabupaten Boyolali terguling di tanjakan Clongop, Kalurahan Hargomulyo, Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (27/4/2023) sekitar ppukul 17.00 WIB. Sejumlah penumpang dilaporkan mengalami luka-luka.

Kapolsek Gedangsari, AKP Suryanto, mengatakan minibus Isuzu Elf berpelat nomor AA 1324 CA mengalami kecelakaan di tanjakan Clongop. Kecelakaan ini terjadi bermula saat minibus yang membawa rombongan wisatawan akan pulang dengan melalui jalur ekstrem ini.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

“Rombongan merupakan wisatawan yang pulang dari bermain ke pantai. Total ada 16 penumpang dalam minibus yang terbalik,” kata dia, Kamis petang.

Suryanto menyebut kecelakaan ini terjadi diduga karena minibus tersebut mengalami rem blong. Pada saat menuruni tanjangan Clongop dari arah Gedangsari menuju Klaten. Laju minibus tersebut tidak bisa dikendalikan hingga akhirnya terbalik di pekarangan warga.

“Kami masih mencari keberadaan sopir untuk dimintai keterangan,” katanya.

Meski demikian, Suryanto memastikan belum ada laporan korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun demikian, dari informasi yang diterima ada sejumlah penumpang yang terluka dan sekarang masih dalam proses menghimpun data dengan mendatangi beberapa rumah sakit di Kabupaten Klaten.

“Kami masih melakukan pengecekan. Yang jelas, tidak ada laporan korban meninggal dunia,” katanya.

Lurah Hargomulyo, Sumaryanta, mengayakan minibus tersebut membawa rombongan wisatawan dari Boyolali. Dari 16 penumpang yang naik mobil itu, terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa.

“Kejadiannya sekitar pukul 17.00 WIB. Informasinya merupakan warga asal Boyolali yang habis bermain ke pantai. Mungkin biar cepat lewat jalur Clongop bisa cepat sampai di rumah,” katanya.

Dia menyebut dalam kecelakaan tersebut belum ada laporan korban meninggal dunia. Namun, ada beberapa korban yang mengalami luka berat. Bahkan salah satu penumpang ada yang tangannya putus.

Dia mengakui Tanjakan Clongop merupakan jalur yang rawan kecelakaan karena kondisinya yang ekstrem. Oleh karena itu, kendaraan yang melintas harus berhati-hati baik saat menanjak maupun turun di jalur ini.

“Sudah sering terjadi kecelakaan [seperti minibus terguling yang terjadi hari ini] karena jalurnya berupa tanjakan yang ekstrem,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Minibus Terguling di Tanjakan Clongop Gedangsari, Penumpang Terluka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya