SOLOPOS.COM - Kondisi mobil wisatawan setelah tertimpa pohon tumbang di Jalan Parangtritis KM 4,5, Dusun Druwo, Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon, Bantul, Senin (26/12/2022) - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Solopos.com, BANTUL — Pohon tumbang menimpa mobil wisatawan yang melintas di Jalan Parangtritis KM 4,5 Dusun Druwo, Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (26/12/2022) sekitar pukul 12.05 WIB. Dua penumpang mobil mengalmi luka-luka.

Kapolsek Sewon, Kompol Suyanto, mengatakan kejadian pohon roboh itu terjadi saat hujan deras terjadi di kawasan tersebut. Mobil Toyota Calya berpelat nomor AA 9490 WD dari arah selatan atau dari Parangtritis dan hendak menuju kawasan wisata di Jogja tepatnya mau ke Gembira Loka Zoo.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Setibanya di lokasi kejadian, mobil berpenumpang enam orang itu tertimpa pohon trembesi yang ada di barat jalan.

“Mobil dari arah selatan menuju utara, tiba-tiba di depan Gardu PLN Druwo, pohon di sebelah barat jalan tumbang dan menimpa kendaraannya bagian belakang sehingga mengalami kerusakan,” kata dia.

Selain menimpa mobil yang dikemudian Lia Apriana, 38, warga Sruweng, Kebumen, Jawa Tengah, itu, pohon berdiamter 50 sentimeter itu juga melintang di jalan sehingga menutup kedua ruas jalan. Sejumlah aparat dari kepolisian, TNI, anggota BPBD, PMI, dan sejumlah sukarelawan tiba di lokasi kejadian untuk mengevakuasi korban dan pohon tumbang.

Baca Juga: Rumah Jaksa KPK di Jogja Dibobol Maling, Ini Barang yang Dicuri

Mobil yang ringsek tertimpa pohon roboh itu kemudian dibawa ke bengkel setempat. Sedangkan korban luka-luka yaitu Nada, 6, mengalami luka lecet di bagian pipi kanan dan Muhammad Daroil, 71, mengalami luka lecet di bagian kepala. Keduanya menjalani perawatan di Puskesmas Sewon.

“Sementera penumpang lainnya tidak mengalami luka. Mereka adalah Suyadi, 38; Hilda, 8; dan Rafanda, 4,” kata Suyanto.

Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Agus Yuli Herwanta mengatakan penyebab kejadian pohon tumbang tersebut karena akar pohon milik Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) itu sudah rapuh.

“Kerugian dari kejadian ini mencapai sekitar Rp150 juta,” katanya.

Baca Juga: Terseret Ombak saat Bermain di Parangtritis, Wisatawan Berhasil Diselamatkan

Ia menambahkan, sebelum kejadian, mobil yang dikendarai korban sempat mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan melaksanakan salat zuhur di SPBU Sewon atau sekitar satu kilometer dari TKP. Kemudian melanjutkan perjalanan ke arah utara. Rencananya rombongan wisatawan satu keluarga tersebut hendak melanjutkan liburan di Gembira Loka Zoo, Jogja. Namun nahas korban mengalami kecelakaan.

Pihaknya sudah menyampaikan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk melakukan pemangkasan pohon-pohon yang rindang terutama yang berada di tempat-tempat berpotensi membahayakan jiwa ketika tumbang atau roboh.

Agus juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan karena musim hujan ini akan berlangsung sampai Februari tahun depan.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Pohon Tumbang Timpa Mobil Wisatawan di Jalan Parangtritis, Dua Orang Terluka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya