SOLOPOS.COM - Pantai Ngandong, Gunungkidul. (Youtube)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, menargetkan kunjungan wisata selama libur Lebaran 2022 sebanyak 154.403 orang. Dengan target tersebut, diharapkan mampu menambah pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi wisata senilai Rp1,2 miliar.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Mohammad Arif Aldian, mengatakan terus melakukan koordinasi lintas sektoral berkaitan dengan menyambut libur Lebaran. Sesuai dengan ketetapan Pemerintah Pusat, libur berlaku mulai 29 April hingga 8 Mei mendatang.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

“Untuk kunjungan wisata mulai H+2 Lebaran hingga 8 Mei,” katanya, Rabu (27/4/2022).

Dia menjelaskan selama libur Lebaran menargetkan kunjungan sebanyak 154.403 wisatawan. Aldian tidak menampik untuk kunjungan masih didominasi kawasan pantai yang selama ini menjadi primadona wisata di Bumi Handayani.

Baca Juga: Diawali Suara Bergemuruh, Tebing Longsor Timpa Rumah di Gunungkidul

Berdasarkan target kunjungan ini, maka diharapkan mampu menambah pendapatan dari restribusi wisata sebanyak Rp1,2 miliar.

“Mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar dan target yang dicanangkan bisa tercapai, atau syukur bisa melebihi,” ungkapnya.

Dia menambahkan meski aktivitas sudah mulai diperlonggar, namun penerapan protokol kesehatan di area wisata tetap harus dilaksanakan secara ketat. Hal tersebut untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona sehingga tidak ada penularan di lingkup wisata.

Baca Juga: Tabrak Pohon Mangga, Sopir Angkutan Umum di Gunungkidul Tewas

“Sesuai dengan status PPKM level dua, maka kapasitas kunjungan maksimal sebanyak 75% dari jumlah kujungan di waktu normal,” katanya.

Aldian mengatakan untuk pengawasan protokol kesehatan sudah menjalin kerja sama dengan TNI-Polri hingga petugas SAR di kawasan pantai.

“Mulai dari TPR kami sudah menyiapkan layanan aplikasi Peduli Lindungi untuk pengunjung,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul 154 Ribu Wisatawan Ditargetkan Masuk Gunungkidul Saat Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya