SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Ilustrasi/dok

GUNUNGKIDUL—Menjelang musim panen jagung, belasan petani di Dusun Kanigoro, Desa Tambakromo, Ponjong justru menghadapi ancaman gagal panen. Ancaman tersebut datang dari ratusan ekor monyet ekor panjang yang turun gunung dan memorakporandakan ladang warga.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Salah satu petani dari Dusun Kanigoro, Giyono, 55 kepada Harian Jogja mengatakan serangan monyet itu datang tanpa waktu yang pasti. Beberapa warga pernah menunggu ladang dari pagi hingga sore hari tanpa gangguan apapun. Akan tetapi keesokan harinya ladang jagung miliknya sudah rusak.

Menurut Giyono, kawanan monyet itu selalu datang bergerombol dan merusak tanaman jagung warga. Tidak sekadar menambil jagung yang siap panen, binatang itu juga merusak tanaman seluas puluhan hektare. “Mereka merusak tanaman jagung, jadi kalau tidak dimakan jagungnya dipatahkan,” ujar Giyono.

Kepala Dusun Kanigoro Sunaryo mengatakan serangan hama monyet itu sudah beberapa kali terjadi dan biasanya dilakukan pada musim hujan menjelang panen jagung. Sunaryo mengatakan, kawanan monyet itu tidak hanya menyerang jagung. Bila sudah tidak ada jagung, mereka akan mencabuti tanaman kacang dan singkong yang ditanam warga di bagian barat Kanigoro. Sementara masa panen tak lama lagi akan datang sehingga petani terancam gagal panen.

Serangan monyet ini bukan yang pertama kalinya terjadi. Beberapa tahun lalu, monyet-monyet itu mulai mengganggu tanaman warga. Sejak saat itu serangan terus terjadi dan bertambah intensitasnya. Tidak hanya sekadar mencuri tanaman, mereka juga merusak tanaman yang ada di ladang warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya