SOLOPOS.COM - Ketiga menteri saat naik sepeda motor di UGM, Sabtu (27/8/2022). (Harianjogja.com/Anisatul Umah)

Solopos.com, SLEMAN — Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tampak ramai pada Sabtu (27/8/2022) pagi. Hal ini menyusul ada tiga menteri Kabinet Indonesia Maju yang berkendara sepeda motor bersama di Graha Sabha Pramana menuju Foodpark UGM.

Ketiga menteri itu yakni Mahfud Md yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Hak Asasi Manusia (Menkopolhukam), Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, dan Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Menggunakan helm standar, sarung tangan, dan sepatu, ketiga menteri itu mengampanyekan keselamatan jalan atau road safety campaign.

Menurut Budi Karya Sumadi, keselamatan jalan sangat penting khususnya bagi pengendara sepeda motor. “73% [kecelakaan] melibatkan pengendara yang naik motor dan mayoritas anak muda. Langkah kecil kami mengingatkan semoga kita semua menjadi lebih baik,” ucap Menhub dalam acara itu.

Setidaknya ada empat prinsip yang harus dipegang saat berkendara, di antaranya kewaspadaan, kesadaran, perilaku, serta antisipasi. Tingginya angka kecelakaan yang melibatkan sepeda motor menurut Budi Karya Sumadi dikarenakan kesadaran pengendara yang kurang.

Baca juga: Jangan Lakukan Ini Saat Naik Motor, Bisa Celaka

“Kesadaran pengguna sepeda motor akan keselamatan, khususnya terkait penggunaan helm, cara berkendara yang berkeselamatan kelengkapan SIM dan STNK, memastikan kondisi motor dalam keadaan laik, dan aspek lain,” lanjutnya.

Menkopolhukam Mahfud Md menyampaikan dukungannya pada kegiatan ini. Dia berpandangan kampanye keselamatan berkendara sangat penting karena lebih banyak nyawa manusia yang terbunuh di jalan daripada disebabkan penyakit.

“Road safety campaign sangat penting bagi kita semua karena nyawa manusia yang terbunuh di jalan karena kecelakaan lalu lintas itu jauh lebih banyak dari korban Covid-19, dan jauh di atas rata-rata penyakit lain,” paparnya.

Baca juga: Tips Manuver Aman dalam Keselamatan Berkendara dari Astra Daihatsu

Turuh hadir dalam acara ini Rektor UGM, Prof. Ova Emilia; Dirjen Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno, dan sejumlah pejabat terkait. Beberapa komunitas sepeda motor, serta perwakilan mahasiswa dari sejumlah universitas di DIY juga terlibat.

Korlantas Polri mencatat pada 2021 angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia mencapai 103.645 kasus. Lebih tinggi dari 2020 sebanyak 100.028 kasus.

Artikel ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Tiga Menteri Motoran Bareng di UGM, Kampanyekan Keselamatan Jalan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya