SOLOPOS.COM - Boneka Kang Bedjo (JIBI/Harian Jogja/Devi Krismawati)

Boneka Kang Bedjo (JIBI/Harian Jogja/Devi Krismawati)

JOGJA—Bosan dengan oleh-oleh yang itu-itu saja ketika datang ke Pasar Beringharjo, tidak ada salahnya mampir ke lantai tiga Beringharjo.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Di sana, pengunjung bisa menemukan kerajinan tangan khas Jogja yang bisa dijadikan oleh-oleh. Misalnya saja boneka tangan dengan pakaian khas Jogja. Pemilik toko kerajinan tangan Kang Bedjo Jogja, Denti, mengaku memulai usaha kerajinan tangan sekitar dua tahun lalu.

Untuk memberikan kesan Jogja pada kerajinan tangan yang dia klaim sebagai yang pertama di Beringharjo ini, Denti menghadirkan beberapa boneka tangan dengan karakter orang Jawa yang disebutnya dengan Kang Bedjo dan untuk boneka tangan perempuan yakni Yu Tini.

Denti juga memproduksi boneka tangan dengan karakter muslim dan juga karakter hewan. “Harapan kami tentunya kerajinan tangan ini bisa jadi salah satu alternatif oleh-oleh ketika datang ke Jogja,” katanya saat ditemui Harian Jogja di Pasar Beringharjo Center Lantai 3 AT 3-5, Selasa (3/7).

Untuk boneka tangan ini, Denti menawarkan harga mulai dari Rp20.000 untuk boneka tangan hewan, Rp 25.000 untuk boneka tangan karakter muslim dan untuk karakter Kang Bedjo dan Yu Tini  dijual dengan harga Rp35.000.

“Saat ini, penjualannya juga cukup baik, apalagi di musim liburan,” kata Denti. Ia menambahkan, boneka tangan selain bisa digunakan sebagai hiasan juga bisa digunakan sebagai sarana edukasi bagi anak-anak mengenai budaya Jawa.

“Untuk boneka tangan, kami menggunakan bahan kain lurik, batik dan kayu putih,” tambahnya. Selain boneka tangan, Denti pun menghadirkan beberapa aksesoris khas Jogja lainnya seperti, kotak tisu, pigura dan hiasan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya