SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Bisnis Indonesia Ilustrasi

JIBI/Harian Jogja/Bisnis Indonesia
Ilustrasi

Harianjogja.com, JOGJA—Selama arus mudik dan balik Lebaran 2013, beberapa diler pabrikan otomotif menghadirkan posko-posko mudik di beberapa wilayah.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Head of Marketing PT. Astra Motor Jogja Budi Hartanto mengatakan sebagai bentuk kepedulian pabrikan dan juga guna mengurangi angka kecelakaan di jalan raya selama angkutan mudik 2013, Honda menyediakan beberapa posko yang bisa digunakan untuk layanan servis ataupun hanya sekadar beristirahat ketika lelah berkendara.

“Untuk area Jawa Tengah dan DIY, Honda menghadirkan lima posko yang berada di Ambarketawang, Kebumen, Sumpiuh, Jatilawang dan Wangon,” ujarnya, Minggu (4/8/2013).

Posko yang hadir sejak H-7 hingga H+7 nanti menghadirkan layanan seperti servis ringan, ganti busi, penyetalan dan juga tempat istirahat yang dilengkapi dengan pendingin udara dan alat pijat.

Selain posko, Honda, bekerja sama dengan Polres Wonosari juga menghadirkan pos pengamanan di sembilan titik di wilayah Gunungkidul. “Rute tersebut memiliki jalan yang cukup sulit, karena itu mulai 27 Juli lalu kami bekerja sama dengan Polres Wonosari telah menyediakan posko di sana,” tambahnya.

Salah satu diler sepeda motor merek Yamaha, Sumber Baru Motor (SBM) menghadirkan bengkel jaga Lebaran di 12 diler. Bengkel jaga tersebut berada di SBM Delanggu, SBM Kalasan, SBM Mlati, SBM Sidoagung, SBM SBJ 2 Ngabean, SBM Imogiri, SBM Wates, SBM Wonosari Kepek, SBM Muntilan, SBM Magelang, SBM Wonosobo dan SBM Kebumen serta satu bengkel siaga di SBM Kutoarjo.

“Layanan tersebut dihadirkan mulai 3-11 Agustus 2013,” kata General Manager Aftersales Antonius Suharwanto.

Di bengkel jaga tersebut, Yamaha menghadirkan layanan servis ringan, servis spesial injeksi dengan komputer, penggantian spare part dan semua layanan tersebut dilengkapi dengan fasilitas gratis minuman, ruang tunggu AC, charger HP, toliet dan mushola. “Kami juga ada konsultasi gratis teknologi injeksi yamaha,” katanya.
Menurut dia, berdasarkan pengalaman di tahun sebelumnya, banyak pemudik yang memanfaatkan bengkel jaga tersebut. Bahkan, per hari minimal sekitar 30 motor yang mendapatkan layanan.

“Harapannya dengan kehadiran bengkel jaga dapat membantu para pemudik sehingga mereka bisa mudik dengan menggunakan kendaraan yang berkondisi baik,” tambahnya.

Selain sepeda motor, layanan posko dan bengkel jaga juga dihadirkan oleh pabrikan mobil. Astra misalnya, menghadirkan sembilan posko layanan mudik untuk area Jawa. Untuk Jawa Tengah, posko tersebut terletak di Alas Roban dan Buntu.

Regional Manager Isuzu Jateng dan DIY Sucipto mengatakan selain dari Astra, Isuzu juga menghadirkan layanan mobil keliling atau Bengkel Isuzu Berjalan di Pekalongan, Semarang, Jogja, Solo, Klaten dan Sragen. Di luar itu ada pula di diler non Astra seperti di Purwokerto dan Magelang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya