SOLOPOS.COM - Pantai Baron, salah satu objek wisata di Gunungkidul. (JIBI/Harian Jogja/ Kusnul Isti Qomah)

JIBI/Harian Jogja/ Kusnul Isti Qomah
Usaha persewaan ban untuk pelampung di Pantai Baron, Jumat (9/8/2013)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Libur Lebaran tak hanya dinanti para wisatawan namun juga para pelaku usaha mikro seperti persewaan ban pelampung dan payung serta tikar di pantai.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

 
Salah satu pemilik persewaan ban pelampung di Pantai Baron, Galih Adiprasetyo menuturkan. Ketika Lebaran ia bisa meraup pemasukan Rp1 juta sehari. Pada hari biasa selain hari Minggu, pendapatannya hanya Rp70.000 sedangkan setiap hari Minggu pendapatannya Rp200.000.

 
“Pada musim libur Lebaran setiap hari saya menyediakan 500 buah ban. Kalau hari-hari biasa hanya 200 hingga 300 buah,” papar dia kepada Harian Jogja, Jumat (9/8/2013).

 
Untuk ban berukuran kecil dikenai tarif Rp5.000 sedangkan ban berukuran besar dikenai tarif Rp10.000. Menurut dia, wisatawan mulai ramai dari hari ini. Diperkirakan wisatawan akan memadati pantai hingga Minggu pekan depan.

 
Hasil memuaskan juga dirasakan pemilik persewaan payung dan karpet. Suroso salah satunya. Dalam sehari ia bisa meraup Rp300.000 pemasukan dari 10 set payung dan tikar. Pada hari Minggu ia hanya mendapatkan pemasukan Rp150.000-Rp200.000.

 
“Saya hanya menyewakan kalau hari libur. Setiap harinya saya jadi nelayan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya