SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Istimewa Ilustrasi

JIBI/Harian Jogja/Istimewa
Ilustrasi

Harianjogja.com, JOGJA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Jogja akan mengoperasikan 55 lokomotif baru dalam arus mudik lebaran 2013 mendatang.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Lokomotif baru seri CC 206 keluaran General Electric Amerika Serikat tersebut memiliki keunggulan dibanding lokomotif lama dengan seri CC 201 atau 203 dan 204.

Kepala Balai Yasa Yogyakarta John Roberto kelebihan tersebut di antaranya, terdapat kabin depan dan belakang sehingga lebih memudahkan masinis untuk menjalankan kereta. “Pada lokomotif lama, hanya ada satu kabin,” katanya, Senin (29/7/2013)

Selain itu, seluruh panel pengontrol sudah modern layaknya panel dalam pesawat terbang, tenaga yang lebih kuat yaitu 2.250 horsepower (HP) dibanding lokomotif lama 2.000 HP.

“Dengan demikian, lokomotif baru ini bisa membawa beban lebih banyak dan lebih cepat dibanding lokomotif lama,” katanya. Lokomotif baru bisa membawa hingga 40 gerbong kereta barang atau hingga 15 kereta penumpang.

Selain digunakan untuk menarik kereta penumpang, lokomotif baru tersebut juga digunakan untuk melayani angkutan barang seperti bahan bakar minyak (BBM), semen dan paket. Angkutan barang akan tetap dioperasionalkan selama angkutan Lebaran.

Sementara itu, mengenai proses perbaikan dan perawatan reguler lokomotif, John mengatakan Balai Yasa sudah menyelesaikan seluruh perawatan lokomotif pada 24 Juli.

“Pekerjaan sudah selesai. Namun, pegawai kami akan tetap diterjunkan pada angkutan Lebaran yaitu ditugaskan di depo-depo untuk mengantisipasi apabila ada kerusakan kereta seperti di Jatinegara, Bandung, Cirebon, Purwokerto, Semarang, Solo, Yogyakarta, Madiun dan Surabaya,” katanya.

Selain itu, juga akan ada petugas atau teknisi “on call” 24 jam selama masa angkutan Lebaran yang bisa memberikan panduan kepada teknisi atau petugas lain apabila terjadi kerusakan kereta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya