SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto Ilustrasi

JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto
Ilustrasi

Harianjogja.com, BANTUL – Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul menempel stiker pada kendaraan yang dinyatakan lolos uji kelayakan untuk angkutan Lebaran 2013.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

“Bagi kendaraan yang lolos pemeriksaan kendaraan akan ditempel stiker, namun yang tidak lolos tidak ada stiker dan diminta diperbaiki,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul Edy Susanto di sela uji petik kelaikan di terminal Palpabang Bantul, Senin (29/7/2013).

Menurut dia, uji kelaikan dan pemeriksaan angkutan umum ini bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan menjelang Lebaran, terutama terhadap angkutan umum mengingat akan terjadi lonjakan penumpang saat arus mudik.

“Uji petik kelaikan angkutan ini rutin digelar menjelang Lebaran, untuk tahun ini pemeriksaan fokus di Terminal Palpabang atau angkutan jurusan Srandakan dan Samas, untuk tahun lalu kami gelar di Jalan Parangtritis,” katanya.

Menurut dia, dalam pemeriksaan angkutan tersebut dilakukan terhadap sampel sebanyak 60 angkutan umum yang melintas di wilayah tersebut sejak pagi hingga menjelang siang baik angkutan perbatasan maupun angkutan perdesaan.

“Kami hanya mengambil sampel, karena kalau angkutan di Bantul lebih dari itu,” katanya.

Oleh sebab itu, pihaknya berharap bagi sopir atau pemilik angkutan yang belum mendapat pemeriksaan lebih sadar untuk memperhatikan keselamatan baik penumpang dan pengguna jalan umum dengan melengkapi persayaratan layak jalan.

“Pemeriksaan angkutan mulai dari kemudi, rem, kopling, klakson dan lampu penerangan. Semua komponen itu harus dipastikan kondisinya demi kelancaran arus lalu lintas dan mencegah terjadinya kecelakaan yang fatal,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya