SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Bisnis Indonesia Ilustrasi

JIBI/Harian Jogja/Bisnis Indonesia
Ilustrasi

Harianjogja.com, JOGJA – Jika dibandingkan 2012 lalu, jumlah penumpang dengan moda transportasi pesawat terbang pada arus mudik lebaran 2013 ini meningkat.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Hal ini terlihat dari data di Bandara Adisutjipto Jogja. Puncak kedatangan untuk pemudik melalui angkutan udara di DIY terjadi pada H-5 lalu yang menembus angka 10.975 dan pada H-4 atau Minggu (4/8/2013) mencapai 10.907 penumpang datang.

DIbanding tahun sebelumnya, jumlah penumpang pada H-4 tersebut meningkat cukup signifikan yakni hingga 39,2% untuk penumpang datang dan 14,4% untuk penumpang pergi.

Pada 2012 lalu, di H-4 jumlah penumpang datang sejumlah 7.712 penumpang dan penumpang berangkat mecapai 4.212 penumpang.

“Karakter pemudik tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, baik kedatangan maupun keberangkatan tahun ini terlihat lebih ramai,” kata Asisten Manajer Data dan Informasi AP 1 Bandara Adisutjipto Faizal Indra Kusuma, Senin (5/8/2013).

Namun menurut dia, puncak arus mudik tahun ini berbeda dari prediksi sebelumnya. Jika semula diprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada Minggu (4/8/2013), ternyata puncak arus mudik justru terjadi pada Sabtu (3/8/2013).

Kondisi tersebut terjadi diperkirakan karena libur pada tahun ini bertepatan dengan akhir pekan dan banyak juga pekerja yang sejak Jumat (2/8/2013) sudah libur sehingga mereka memilih untuk mudik pada Sabtu (3/8).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya