SOLOPOS.COM - Bersihkan Jalur Mudik (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Mudik lebaran 2015 pada hari pertama masih terlihat lengang di jalanan utama Bantul.

Bisnis.com, BANTUL – Petugas di Posko Giwangan Ring Road Selatan DIY Aditya mengatakan jalan utama di Kota Bantul masih terlihat lengang sejak kemarin malam (16/7/2015). Kebanyakan yang melintas adalah kendaraan pribadi lokal saja.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

“Kemarin sore sudah mulai ada penurunan jumlah pemudik yang melintas. Sedangkan pagi hingga siang ini semuanya nampak sepi. Sedangkan kendaraan yang melintas kebanyakan warga sekitar saja,” kata Aditya, Jumat (17/7/2015).

Aditya menambahkan hingga siang ini jalan-jalan menuju ke lokasi wisata juga belum kelihatan ramai kendaraan. Menurut pantauan, Jalan Parangtritis arah Pantai Parangtritis juga masih nampak lengang. Hanya beberapa kendaraan saja yang melintas.

Sementara itu Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul menyiapkan sejumlah rancangan rekayasa lalu lintas mengantisipasi kemacetan yang bisa terjadi. Sejumlah jalur alternatif akan digunakan jika Jalan Wates, Jalan Wonosari dan Ring Road Selatan DIY terjadi kemacetan. Jalur tersebut juga sudah dilengkapi dengan papan penunjuk arah.

Jalur alternatif outer Ring Road DIY yang bisa digunakan pemudik yaitu melalui Simpang Sedayu di Jalan Wates – Pajangan – Simpang Pandak – Palbapang – Bakulan – Barongan – Imogiri – Simpang Singosaren – Sampakan Piyungan di Jalan Wonosari.

Jalur alternatif lainnya adalah Toyan – Srandakan – Simpang Kadirojo – Palbapang, Simpang Kadirojo – Lingkar Barat Bantul – Klodran – Dongkelan, Palbapang – Imogiri – Panggang (Gunungkidul). Selain itu, dari Imogiri juga bisa menuju Dlingo untuk menuju Gubungkidul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya