SOLOPOS.COM - Salah satu anggota Tim SAR Pantai Kukup, Eko SUprihatin menunjukkan salah satu ubur-ubur yang masih hidup. (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah
Ubur-ubur ditemukan di Gunungkidul, Jumat (9/8/2013)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sedikitnya ada 20 wisatawan yang tersengat ubur-ubur di sejumlah pantai di Gunungkidul. Wisatawan diimbau untuk lebih berhati-hati.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

 
Salah satu anggota tim Search And Rescue (SAR) Pantai Kukup, Hendro Saputro mengatakan ada tiga wisatawan yang tercatat terkena sengatan ubur-ubur laut atau yang juga dikenal dengan nama impes tersebut. Bahkan salah satunya dilarikan ke Puskesmas lantaran pingsan.

 
“Selain di Pantai Kukup, di pantai Pulang Sawal ada empat wisatawan yang tersengat. Di Pantai Sepanjang ada enam wisatawan sedangkan di Pantai Drini ada tujuh wisatawan yang tersengat,” papar dia di Pantai Kukup, Jumat (9/8).

 
Anggota Tim SAR lainnya, Eko Suprihatin menambahkan pengunjung selalu diperingatkan untuk menjauhi makhluk laut berwarna biru menggelembung tersebut. Tim SAR juga mengumpulkan ubur-ubur yang menepi untuk dikubur sehingga tidak mengenai wisatawan. Setidaknya ada ribuan ubur-ubur yang menepi.

 
“Biasanya ubur-ubur itu menepi karena terbawa ombak yang besar. Ini juga sedang musimnya. Kira-kira ubur-ubur ini masih akan ada dua atau tiga bulan lagi. Wisatawan harus hati-hati,” pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya