SOLOPOS.COM - Ilustrasi wisata pantai (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
Ilustrasi

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Ubur-ubur mulai menepi di sepanjang pantai di Gunungkidul dan sudah menyengat sedikitnya lima orang wisatawan Pantai Kukup.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Koordinator Tim Search And Rescue (SAR) Pantai Baron, Marjono, mengatakan kelima wisatawan tersengat ketika bermain air dan dua di antaranya harus dilarikan ke Puskesmas Pantai Baron untuk penanganan.

“Tiga wisatawan segera mendapatkan penanganan dan racunnya bisa keluar sedangkan yang dua agak telat sehingga mengalami sesak napas. Namun, mereka berhasil ditolong,” jelasnya, Selasa (6/8/2013).

Marjono menambahkan, gelombang laut meninggi sehingga ubur-ubur terbawa sampai tepi. Namun, sengatan ubur-ubur tersebut tidak sampai mengakibatkan kematian.

Menurut Marjono, racun ubur-ubur mengakibatkan gatal-gatal dan sesak nafas ketika telat ditangani.

Tim SAR menyediakan amoniak dua liter di setiap pantai sebagai upaya pertolongan pertama kepada wisatawan yang terkena sengatan impes. Menurut Marjono, amoniak berfungsi untuk mengeluarkan racun dan menghilangkan rasa sakit.

“Kami akan siaga apalagi akan memasuki Lebaran. Kemungkinan besar ubur-ubur masih banyak di pantai. Kami meminta wisatwan untuk hati-hati dan menjauhi makhluk berwarna biru dan bergelembung,” lanjut dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya