SOLOPOS.COM - E-KTP (Desy Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, JOGJA- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jogja akan secara mandiri mencetak kartu tanda penduduk elektronik mulai November dan kini sedang menunggu blankonya dari pemerintah pusat.

“Kami sudah mengajukan puluhan ribu blanko berdasarkan kebutuhan. Harapannya, tidak akan ada kekurangan,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jogja, Deddy Feriza, Kamis (10/10/2014).

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Menurut dia, dinas sudah melakukan uji coba pencetakan KTP elektornik dengan mesin yang sudah dimiliki dan hasilnya cukup baik, tidak berbeda dengan hasil pusat.

Pencetakan kartu tanda penduduk elektronik secara mandiri tersebut baru akan dilayani di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di kompleks Balai Kota Jogja, kemudian akan secara bertahap dilakukan di masing-masing kecamatan.

Deddy menjelaskan, pencetakan e-KTP secara mandiri akan dilakukan untuk warga yang sudah melakukan perekaman data namun hingga saat ini belum memperoleh fisik e-KTP dan juga untuk pengajuan baru.

“Harapannya, rencana tersebut dapat direalisasikan sesuai target karena pada 1 Januari 2015, KTP konvensional akan dinyatakan tidak berlaku,” katanya.

Pada awal proses pencetakan secara mandiri dimungkinkan ada beberapa kendala seperti proses pengunduhan data yang membutuhkan waktu lama karena seluruh data kependudukan berada di pusat.

“Pencetakan secara mandiri mulai November itu juga akan dilakukan di daerah-daerah lain. Jika pada awal November semua daerah mengakses basis data kependudukan yang sama, maka dimungkinkan pengunduhan data akan memakan waktu yang lama,” katanya.

Hingga Juli, jumlah warga Kota Jogja tercatat sebanyak 410.975 jiwa dengan sebanyak 304.637 penduduk wajib memiliki KTP. Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, sudah ada sekitar 97 persen warga yang melakukan perekaman data kependudukan, namun masih ada sekitar 5.000 e-KTP yang belum tercetak.

Pencetakan secara mandiri di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jogja didukung oleh enam mesin cetak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya