SOLOPOS.COM - Tanah ambles berbentuk lingkaran atau lubang atau sering disebut sinkhole muncul di ladang milik Sugiyanto, warga Dusun Sumberan, Kenteng, Ponjong, Gunungkidul. - Istimewa

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Warga di Dusun Sumberan, Kenteng, Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, digemparkan dengan tanah ambles berbentuk lingkaran atau yang disebut sinkhole. Warga khawatir lubang tersebut meluas hingga ke permukiman.

Lubang berbentuk lingkaran ini pertama kali muncul di ladang milik Sugiyanto, warga Dusun Sumberan, pada 19 Februari 2023. Awalnya, tanah ambles itu hanya berukuran kecil, tetapi lama kelamaan ukurannya semakin luas. Hal ini seiring dengan hujan yang terus mengguyur.

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Kepala Dusun Sumberan, Ika Apriyani, mengatakan sinkhole yang muncul membuat warga khawatir. Sebab, lokasinya tidak jauh dari pemukiman warga.

“Memang berada di ladang, tapi lokasinya hanya berjarak sekitar 30 meter dari rumah warga,” kata Ika saat dihubungi wartawan, Minggu (26/2/2023).

Menurut dia, kekhawatiran warga ini bukan tanpa alasan karena luas lubang terus bertambah. Diperkirakan diameter sinkhole sudah mencapai tujuh meter.

“Pada awalnya masih kecil, tapi sekarang sudah bertambah. Untuk kedalamannya antara dua hingga tiga meter,” ungkapnya.

Ika memastikan dampak dari tanah ambles ini baru sebatas tanaman padi gogo yang rusak karena ikut lenyap seiring munculnya fenomena tersebut. Kejadian ini juga sudah dilaporkan kepada pihak yang berwajib maupun tim dari BPBD Gunungkidul.

Di sekitar lokasi juga sudah dipasang garis polisi. Warga pun diimbau untuk tidak mendekati lubang.

“Sudah dicek sekalian pasang garis polisi. Mudah-mudahan segera ada langkah untuk penanganan,” katanya.

Kepala BPBD Gunungkidul, Purwono, saat dikonfirmasi belum bisa berkomentar secara mendetail. Ia baru menerjunkan personel guna mengecek lokasi kejadian.

Purwono mengakui fenomena sinkhole bukan hal yang baru karena sudah biasa terjadi, khususnya pada musim hujan.

“Di kawasan karst sudah biasa. Tapi, harus tetap waspada. Saat ada amblesan warga diminta tidak beraktivitas di sekitar lokasi,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Sinkhole 3 Meter Tiba-Tiba Muncul di Ponjong Gunungkidul, Warga Waswas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya