SOLOPOS.COM - Kali Code Jogja (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Musim hujan diwaspadai warga di sekitar Sungai Code, utamanya di Bangunharjo, Sleman.

Harianjogja.com, BANTUL- Ketinggian air sungai Code yang melintasi Desa Bangunharjo, Sewon Bantul meningkat akibat hujan deras yang mengguyur DIY Senin (23/2/2015) sore. Warga diminta waspada.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Pantauan media ini, arus deras sungai Code meningkat dibanding biasanya. Ketinggian air hampir menyentuh jalan jembatan yang terletak di Dusun Pandean, Desa Bangunharjo, Sewon Bantul. Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kabupaten Bantul Heri Ruswanto mengatakan, ketinggian air pada Senin sore mencapai satu setengah meter.

“Kalau hari biasa enggak sampai satu meter,” ujarnya.

Warga kata dia diminta waspada dengan peningkatan debit air tersebut. Bila hujan terus mengguyur, air sungai dapat meluap dan membanjiri permukiman penduduk.

Heri menyebutkan, bencana banjir bakal terjadi bila ketinggian air mencapai empat meter. Saat ini, ketinggian air masih dalam batas normal.

“Kalau sudah empat meter air akan meluap ke permukiman penduduk. Air tidak lagi mengalir dari utara ke selatan tapi berbalik dari selatan ke utara karena dataran di sebelah utara lebih rendah,” ujar Heri yang juga menjabat sebagai Ketua FPRB Desa Bangunharjo, Sewon Bantul itu.

Para relawan anggota FPRB di sepanjang bantaran Code di Bangunharjo, Sewon kini diminta waspada dan selalu memantau kondisi air sungai. Bila air sudah menggenangi permukiman penduduk, warga dapat segera mengungsi.

Ada dua pos evakuasi alias tempat pengungsian terdekat. Pertama di Balai Desa Bangunharjo, Sewon Bantul yang berada di belakang Pasar Ngoto tepatnya di Jalan Imogiri Barat serta di gendung Akademi Teknologi Kulit (ATK) Jogja.

Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul Dwi Daryanto menyatakan, sejauh ini tidak ada laporan bencana akibat hujan deras dan angin kencang yang terjadi Senin sore.

“Untuk sementara tidak ada laporan, mudah-mudahan Bantul aman,” tutur Dwi Daryanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya