SOLOPOS.COM - Sejumlah petugas dari TRC BPBD Gunungkidul membantu memerbaiki rumah Sugeng yang rusak akibat tertimpa pohon jati. Rabu (14/1/2015). (JIBI/Harian Jogja/dok.BPBD)

Musim hujan mengakibatkan pohon jati di Dusun Tegalmulyo roboh dan menimpa sebuah rumah.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Sebuah rumah milik Sugeng,59, warga Dusun Tegalmulyo, Kepek, Wonosari rusak akibat tertimpa pohon jati, Rabu (14/1/2015) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, sebab hanya merusak beberapa bagian rumah.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Robohnya pohon jati itu diduga karena embusan angin kencang yang disertai dengan hujan yang terus mengguyur sejak Selasa (13/1). Saat kejadian, kondisi rumah sedang kosong, sehingga tidak ditemukan korban jiwa dalam musibah tersebut.

“Seperti bisanya, saat pagi kami pergi untuk bekerja. Kami juga baru tahu kalau rumah tertimpa pohon dari tetangga,” kata Sugeng, kemarin (14/1/2015).

Menurut dia, kerusakan terparah terjadi di bagian dapur. Sebab, posisinya tepat berada di dekat pohon jati yang ambruk.

“Pohon tidak sampai merobohkan rumah, hanya genting rumah pecah dan beberapa kayu patah,” paparnya.

Sugeng mengaku, setelah melihat kondisi rumah langsung melaporkan kejadian itu ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Tak berselang lama, tim reaksi cepat dari BPBD datang dengan membawa beberapa perlengkapan untuk mengevakuasi rumah dengan memotong pohon jati menjadi beberapa bagian.

Terpisah, Kepala Seksi Logistik dan Kedaruratan BPBD Gunungkidul Sutaryono mengatakan usai mendapat informasi, petugas langsung diterjunkan untuk memberikan bantuan.

“Langsung kami turunkan tim reaksi cepat untuk membantu proses evakuasi,” kata Sutaryono, kemarin.

Menurut dia, proses evakuasi berjalan lancar. Pasalnya, pohon yang tumbang tidak terlalu besar, sehingga bisa cepat selesai.

“Kita butuh waktu sekitar satu jam untuk memastikan kondisi rumah benar-benar aman untuk ditinggali,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya