SOLOPOS.COM - Salah satu ruas jalan yang digantinama (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, JOGJA-Nama tiga ruas jalan di Kota Jogja dikembalikan sesuai filosofinya masing-masing.

Ketiganya yakni ruas Jalan Pangeran Mangkubumi menjadi Margo Utomo, Jalan Ahmad Yani menjadi Margo Mulyo dan Jalan Trikora menjadi Pangurakan.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Walikota Jogja, Haryadi Suyuti mengatakan pengembalian nama jalan agar mencerminkan filosofi yang ada dilakukan berdasarkan kajian yang cukup panjang.

“Kami berharap, pengembalian nama jalan ini semakin memperkuat keistimewaan Yogyakarta,” katanya, saat peresmian nama untuk ketiga jalan tersebut, Jumat (20/12/2013)

Menurut dia, ketiga ruas jalan yang dikembalikan namanya tersebut merupakan sumbu imajiner yang menghubungkan Keraton Jogja dengan Tugu Pal Putih sehingga filosofi dan aspek historis dari ketiga ruas jalan tersebut perlu diperkuat dengan pengembalian nama jalan.

Pemerintah memberikan waktu sekitar satu hingga dua tahun untuk proses transisi nama jalan, khususnya bagi masyarakat yang bertempat tinggal atau beralamat di ketiga ruas jalan yang dikembalikan namanya itu.

“Di papan nama pun masih bertuliskan nama jalan yang lama. Masyarakat tentu perlu melakukan berbagai penyesuaian seperti perubahan alamat di kartu identitasnya. Kami memberikan masa transisi satu hingga dua tahun,” katanya.

Sementara itu, lanjut dia, untuk nama jalan lama tidak akan dihilangkan begitu saja melainkan akan digunakan untuk memberi nama ruas jalan yang lain misalnya Jalan Magelang di ruas Kota Jogja atau di ruas jalan di kabupaten lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya